Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 29/03/2019 15:12 WIB

Menjaga Ginjal Tetap Sehat

Bincang Sehat bersama  RS Citra Harapan
Bincang Sehat bersama RS Citra Harapan
BEKASI, DAKTA.COM - Peran ginjal dalam tubuh amatlah penting, salah satunya berfungsi untuk menyaring zat yang akan diserap dan dikeluarkan oleh tubuh.
 
Apalagi jika fungsi ginjal terganggu maka akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh lainnya. Pada dasarnya, penyakit gagal ginjal disebabkan karena penyakit lainnya seperti diabetes melitus dan hipertensi.
 
Hal itu disampaikan dr. Irman Firmansyah, SpPD, FINASIM, SH dari RS Citra Harapan dalam Bincang Sehat di Radio Dakta, Jumat (29/3). Ia mengatakan, cara menjaga ginjal tetap sehat tidak hanya dengan minum air mineral yang banyak.
 
"Dalam kondisi tertentu memang benar. Namun, ukuran jumlah air yang dibutuhkan tubuh hanya sekitar 2-3 liter. Terlalu banyak juga tidak baik," katanya.
 
Selain itu, menjaga pola hidup sehat dengan tidak mengonsumsi makanan cepat saji atau fast food terlalu sering. Sebab hal itu dapat mempercepat gangguan fungsi ginjal.
 
"Kemudian banyak mengkonsumsi obat-obatan baik medis maupun non medis. Berlebihan dalam mengonsumsi obat-obatan apalagi tidak dengan resep dokter tentu akan menggangu fungsi ginjal," jelasnya.
 
Penyakit gagal ginjal dapat diobati dengan terapi Hemodialisa atau cuci darah. Terapi ini biasanya membuat pasien mengalami gejala seperti mual, muntah-muntah, pembengkakan, hingga lemah, dan lesu. Namun, gejala tersebut tidak selalu muncul.
 
"Hemodialisa dibutuhkan ketika ginjal sudah tidak bisa bekerja dengan baik sehingga tubuh memiliki zat-zat yang seharusnya sudah dibuang dari darah atau cairan tubuh," ucapnya.
 
Terapi Hemodialisa dapat menyaring zat kotor atau limbah yang berada di darah pasien. Jumlah terapi ini dibutuhkan oleh pasien tergantung kondisi ginjal. 
 
dr Suhanto Kasmali dari manajemen RS Citra Harapan yang hadir juga dalam talkshow menyampaikan, RS Citra Harapan membuka pelayanan Hemodialisa untuk pasien yang memerlukan terapi ini.
 
Kenali lebih jauh penyakit gagal ginjal dan Hemodialisa dengan datang langsung ke RS Citra Harapan di Kawasan Sentra Niaga No. 3-5, Jl. Raya Harapan Indah, Medan Satria, Kota Bekasi atau kunjung website www.citraharapan.com.
 
Editor : Asiyah Afifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 202 Kali
Berita Terkait

0 Comments