Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 26/03/2019 20:23 WIB

Dedi Mulyadi Usulkan Gedung Juang 45 Jadi Perpustakaan Digital

Dedi Mulyadi bersama Plt Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja meninjau Gedung Juang 45
Dedi Mulyadi bersama Plt Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja meninjau Gedung Juang 45
TAMBUN, DAKTA.COM - Budayawan Jawa Barat, Dedi Mulyadi mendorong Pemkab Bekasi menjadikan Gedung Juang 45 Tambun Selatan sebagai pusat kebudayaan dan pendidikan berupa perpustakaan digital.
 
Dedi seusai meninjau Gedung Juang 45 Tambun Selatan bersama Plt Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja, Selasa (26/3) mengatakan sebagai sahabat Plt Bupati, pihaknya berbagi pikiran agar mengembangkan daerahnya yang memiliki nilai sejarah yang kuat.
 
"Jika dilihat dari modernisasi, hal itu sudah tergambar dari pesatnya pembangunan, industrialisasi, dan properti, sementara untuk akar masa lalunya tidak terpotret dengan baik", kata Ketua DPD Golkar Jawa Barat itu.
 
Oleh karena itu, Gedung Juang 45 ini akan bercerita tentang sejarah peradaban bekasi mulai dari jaman prasejarah, kerajaan, penjajahan hingga akhirnya jaman kemerdekaan.
 
"Pemerintah daerah nantinya dapat merumuskan perencanaan pembangunan 50 tahun kedepan yang akan tersaji di Gedung Juang 45, sehingga masyarakatnya bisa melihat nilai sejarah dan masa depan," ucapnya.
 
Menurutnya, Gedung Juang 45 merupakan bangunan yang memiliki nilai yang tidak tergantikan dari apapun, oleh karenanya dapat dijadikan sebagai museum sejarah serta pendidikan berupa perpustakaan digital serta sarana rekreasi bagi masyarakat.
 
"Adanya bunker yang ada gedung juang yang terhubung ke stasiun tambun juga menjadi potensi sarana pembelajaran melalui lukisan digital yang menggambarkan sejarah indonesia, jawa barat khususnya Kabupaten Bekasi sehingga menjadi daya tarik wisatawan," jelasnya.
 
Mantan Bupati Purwakarta ini mengusulkan pemerintah daerah juga bisa berdiskusi dengan ahli sejarah maupun ahli teknik sipil dari universitas ternama untuk mengembangkan bunker itu menjadi potensi wisata. **

 

 

 

Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 1249 Kali
Berita Terkait

0 Comments