Profile Program /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 27/03/2016 14:05 WIB

Profile Program Radio Dakta (V)

PROFILE PROGRAM
PROFILE PROGRAM

o Buletin Bekasi/Bulbek (07.00-08.00) :

 

Rangkuman reportase tim liputan Radio Dakta selama satu pekan terhadap berbagai berita dan peristiwa, baik lokal Kota dan Kabupaten Bekasi, maupun nasional. Buletin Bekasi dibuat dalam bentuk paket produksi berdurasi 30 menit. Program ini dimaksudkan untuk memenuhi keingian dan kebutuhan masyarakat untuk mengetahui perkembangan berita dan peristiwa yang terjadi selama satu pekan terakhir.

 

o Dialog khusus Apa Kabar Bekasi (08.00-09.00) :

 

Program dialog dengan pimpinan daerah (Walikota dan Wakil Walikota atau Bupati dan Wakil Bupati, serta SKPD yang terkait) untuk menindaklanjuti berbagai informasi dan keluhan masyarakat yang disampaikan via SMS, WA, Sosial Media, dan telepon terhadap fasilitas umum dan pelayanan publik di Kota dan kabupaten Bekasi. Dialog ini diselenggarakan dengan format live dan interaktif dialog dari lokasi-lokasi yang telah ditentukan dan disepakati antara tim Radio Dakta dengan pimpinan kepala daerah atau SKPD.

 

o Taman Pustaka (09.00-10.00) :

 

Ulasan mengenai nilai sebuah hasil karya dalam bentuk resensi untuk menyampaikan kepada para pembaca apakah sebuah buku atau hasil karya dan memberikan informasi atau pemahaman yang komprehensif (mendalam) tentang apa yang tampak dan terungkap dalam sebuah buku.
Mengajak pembaca untuk memikirkan, merenungkan, dan mendiskusikan lebih jauh fenomena atau problema yang muncul dalam sebuah buku. Memberikan pertimbangan kepada pembaca apakah buku itu pantas mendapat sambutan dari masyarakat atau tidak. Setelah mengetahui definisi serta tujuan dari resensi yang dibuat oleh resentator, kira-kira unsur apa saja yang terkandung di dalam sebuah resensi?

 

o Dakta Investigasi (13.00-14.00) :

 

Satu topik pilihan yang dikupas lebih mendalam melalui penelusuran, analisa, dan penjabaran fakta berdasarkan hasil liputan dan wawancara langsung dilapangan dengan narasumber berkompeten dan masyarakat (vox pop) oleh tim redaksi yang ditugaskan sebagai tim investigasi untuk mendapatkan fakta-fakta kebenaran yang berkaitan dengan informasi dan peristiwa yang berkembang di masyarakat. Namun, masyarakat tidak mendapatkan gambaran yang jelas apa yang sesungguhnya yang terjadi dibalik setiap informasi dan peristiwa. Dengan Dakta Investigasi diharapkan masyarakat mendapatkan informasi yang lebih jelas dan lengkap dan terhindar menjadi korban berita bohong (hoax). Hasil investigasi diproduksi dalam kemasan yang menarik dan membawa pendengar seolah menjadi bagian dari proses penelusuran yang dilakukan oleh tim investigasi Radio Dakta (theatre of mind).

 

o Galeri Muda (14.00-16.00) :

 

Program khusus yang ditujukan untuk anak-anak muda (kaum milenial) usia 17-35 tahun. Berisi mengenai kegiatan kaum muda baik di bidang seni budaya, pendidikan, info-info seputar perkembangan informasi tehnologi, tips-tips pergaulan Islami, komunitas, hiburan, dan sebagainya yang terkait dan bersentuhan langsung dengan kepentingan kaum muda. Setiap minggu ke empat, dalam acara galeri muda ini menampilkan lagu-lagu nasyid terbaru yang langsung menghadirkan pencipta dan penyanyi solo maupun maupun group ke studio siaran (live dialog dan unpluge). Program ini juga menghadirkan anak-anak uda dari tingkat sekolah SMA sederajat, Perguruan Tinggi, dan kalangan pesantren untuk hadir di Studio Radio Dakta untuk menyampaikan aktivitas sekolah dan kampus mereka.

 

o Dakta Fokus (13.00-14.00 / 17.00-18.00) :

 

Topik pilihan selama satu minggu yang dibahas lebih mendalam dengan narasumber dari berbagai sudut pandang, sehinga pembahasannya dihadirkan secara tuntas dan jelas. Dakta fokus diawali dengan rangkuman hasil wawancara dan laporan reporter mengenai topik yang sedang menjadi fokus perhatian publik yang dikemas dalam bentuk produksi semi feature sebagai pengantar dialog interaktif lanjutan dengan narasumber-narasumber berkompeten

 

o Jelajah Bhagasasi (18.00-19.00) :

 

Menghadirkan informasi seputar budaya khs bekasi, paganan/kuliner khas Bekasi, kebiasaan-kebiasaan khas (tradisional) masyarakat bekasi, sistem komunikasi dan pergaulan khas masyarakat bekasi, dan geliat masyrakat Bekasi yang unik dan berbeda dengan daerah-daerah lain. Presenter membawakan acaranyapun menggunakan bahasa/dialek dan istilah-istilah khas (tradisional) masyarakat Bekasi yang masih kental dengan pengaruh budaya Betawi.

 

o Getar Kalam (20.00-22.00) :

 

Program acara yang mengupas arti dan makna ayat-ayat Al Qur An yang disampaikan oleh para Ustadz yang berkompeten di bidangnya. Program ini bertujuan memberikan pengetahuan dan edukasi kepda pendengar agar memiliki arah dan tujuan hidup dalam rangka mencapai kehidupan bahagia dan berkah dunia akherat yang sesuai dengan tuntunan Al Qur An.

 

o   AHAD

 

o Sketsa Pagi (06.00-07.00) :

 

Agenda Masyarakat, Ragam info seputar Kota/Kab. Bekasi, Laporan Reporter (Traffic)

 

o Catatan Akhir Pekan (CAP) 07.00-07.30) :

 

Catatan akhir pekan disampaikan oleh pakar komunikasi dan media Hersubeno Arif yang berisi mengenai ulasan terhadap topik-topik yang sedang menjadi perhatian publik di bidang politik, sosial, pemberitaan media.

 

o Dakta Fokus (07.30-08.00) :

 

Topik pilihan selama satu minggu yang dibahas lebih mendalam dengan narasumber dari berbagai sudut pandang, sehinga pembahasannya dihadirkan secara tuntas

Editor : Dakta Administrator
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 128 Kali
Berita Terkait

0 Comments