Profile Program /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 27/03/2016 14:05 WIB

Profile Program Radio Dakta (IV)

PROFILE PROGRAM
PROFILE PROGRAM

·         Traffic Report Sore dan Mutiara Hikmas menjadi pembeda utama Dakta Sore dengan Dakta pagi, Dakta Siang, dan Dakta Malam.

 

o   Dakta malam      : Pukul 20.00 – 22.00

 

Berisi kajian mengenai hadist, fiqih, arti dan makna ayat-ayat Al Qur An serta berbagai persoalan umat yang bertujuan sebagai edukasi bagi masyarakat/pendengar dalam rangka mengapai kebahagian dunia dan akherat.

 

 

I.             Program Weekend (Sabtu dan Minggu)

 

Pembagian Day part pada program weekend sama dengan program weekdays, yaitu Dakta pagi, Dakta Siang I, Dakta Siang II, Dakta Sore, dan Dakta Malam, hanya saja ada perbedaan dari sisi item-item program-program khusus yang dihadirkan pada Sabtu dan Minggu. Disamping ada juga persamaan beberpa item program.

 

Persamaan item-item program weekend dan weekdays:

 

·         Updating transfer informasi dan pekerjaan dari satu tim day part ke tim day part selanjutnya.

 

·         Mengangkat topik-topik aktual hasil perumusan agenda setting masing-masing tim day part, baik itu informasi, berita, dan peristiwa dibidang politik, hukum, ekonomi, dan sosial, baik yang berkembang sebagai origin news Radio Dakta (berita dan topik yang didapatkan dan dipublish kepada masyarakat pertama kali oleh Radio Dakta baik nasional maupun lokal Kota dan Kabupaten Beksi) maupun yang berkembang di media massa nasional dengan narasumber yang diutamakan A1 (berkaitan langsung dengan informasi, berita, dan peristiwa).

 

·         Traffic Report Sore

 

Laporan reporter secara rutin dari berbagai lokasi di Kota dan kabupaten Bekasi, serta perbatasan antara Jakarta dengan Kota Bekasi yang menjadi jalur masuk warga Kota dan kabupaten Bekasi ke wilayah Jakarta mulai pukul 17.10 dan dilanjutkan setiap satu jam sampai selesainya Dakta pagi pada pukul 18.00 WIB

 

·         ROS (report on the spot)

 

Liputan secara live dibidang politik, ekonomi, sosial, pendidikan, hukum, pelayanan publik, dan peristiwa, baik nasional maupun lokal Kota dan kabupaten Bekasi dari tim liputan Radio Dakta.

 

·         Apa Kabar Bekasi

 

·         Setiap jam dengan durasi 10-15 menit sebagai sarana penyampaian informasi dan keluhan masyarakat (live/on air) terhadap fasilitas umum dan pelayanan publik di Kota dan kabupaten Bekasi untuk ditindaklanjuti oleh Dakta Radio kepada pimpinan daerah (Walikota dan Wakil Walikota atau Bupati dan Wakil Bupati, serta SKPD yang terkait). Selain juga tindaklanjut kepada lembaga penyedia jasa (PDAM, PLN, Telkom, penyedia jasa layanan intenet dan kabel TV, serta lainnya).

 

·         Dakta Terkini (DT)

 

·         Setiap satu jam sekali dengan durasi maksimal 4 menit yang menghadirkan 3 berita utama terkini dari berita dan peristiwa yang berkembang di Radio Dakta, media nasional dan internasional.

 

·         News Flash (NF)

 

·         Setiap 15 menit sekali dengan durasi maksimal 2 menit yang menghadirkan informasi utama mengenai berita dan peristiwa yang berkembang di lokal Kota dan Kabupaten Bekasi.

 

·         Mutiara Hadist

 

·         Hadir di menit 20, 35, dan 50 pada setiap jamnya yang berdurasi 3 menit dan berisi jawaban atas pertanyaan-pertanyaan pendengar mengenai hadist-hadist Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam sebagai sarana edukasi agar tidak salah dalam menafsirkan makna hadist dan dapat mempraktekannya dengan benar dalam kehidupan sehari-hari.

 

·         Tadabur Qur”an

 

·         Hadir menit 30 setiap jam yang berdurasi 5 menit dan berisi pemaparan dari Da’i-Da’I terkenal (Ustad Abdul Somad, Ustad Adi Hidayat, Ustad Yusuf Mansur, dan Aa Gym) mengenai berbagai permasalahan keumatan dan solusi jalan keluar terbaik berdasarkan Qur’an dan Hadist dalam rangka lebih meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan meningkatkan kualitas hubungan antar sesama manusia, baik sesama muslim maupun non muslim.

 

·         Mutiara Hikmah

 

·         Setiap pukul 16.00-17.00 WIB yang menghadirkan kajian mengenai berbagai pengetahun keislaman dan membahas masalah-masalah yang berkembang baik dalam bidang politik, hukum, dan sosial yang menyentuh kepentingan umat Islam. Mutiara Hikmah disampaikan oleh para ustadz yang memiliki keilmuan dan kompetensi di bidangnya, Mutiara Hikmah disampaikan dengan format interaktif, dimana pendengar dapat bertanya langsung kepda ustadz yang yang menjadi narasumber dan dipandu oleh presenter dengan format dialog. Mutiara Hikmah bertujuan sebagai edukasi untuk pendengar Radio Dakta dalam rangka:

 

o Meningkatkan peran dan partisipasi umat diberbagai bidang kehidupan yang sesuai dengan koridor-koridor Islami.

 

o Meningkatkan kualitas ibadah dan hubungan antara manusi sebagai ciptaan Allah Subhanahu Wa Ta'ala sebagai sang pencipta (Hablum Minallah).

 

o Meningkatkan kualitas hubungan antara manusia dengan sesama manusia (Hablum Minannas), baik yang memiliki hubungan kekerabatan (keluarga) maupun tidak, baik dengan sesama muslim maupun tidak).

 

Perbedaaan item-item program weekend dan weekdays:

 

Ø  SABTU

 

o Obrolan Pagi(06.00-07.00) :

 

Agenda Masyarakat, ragam info seputar Kota/Kab. Bekasi, laporan reporter (Traffic)

Editor : Dakta Administrator
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 2242 Kali
Berita Terkait

0 Comments