Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 27/03/2019 06:20 WIB

Pemkab Bekasi Dorong Perusahaan Serap 30 Persen Pekerja Lokal

pengangguran
pengangguran
CIKARANG, DAKTA.COM - Kabupaten Bekasi merupakan wilayah terbesar kawasan industri terbesar se-Asia Tenggara, tetapi parahnya jumlah angka penganggurannya mencapai 172.412 orang, presentasenya mencapai 10,97 persen dari angkatan kerja sebanyak 1.572.155 orang.
 
Jumlah penganguran terbanyak merupakan lulusan sekolah menengah atas (SMA) sebanyak 104.268 orang, kemudian tamatan sekolah menengah pertama (SMP) berjumlah 32.412 orang dan tamatan sekolah dasar (SD) sebanyak 22.535 orang. Sedangkan tamatan perguruan tinggi (mulai dari diploma I) berjumlah 7.411 orang.
 
Ditanya mengenai hal itu, Plt Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja mengatakan untuk menekan angka penganguran, Pemkab Bekasi sudah berupaya melakukan kesepakatan dengan kawasan industri untuk melakukan perekrutan 30 persen pekerja lokal.
 
"Dengan adanya kesepakatan itu akan mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Kabupaten Bekasi," katanya di Cikarang, Selasa (26/3).
 
Tetapi ia mengaku, masih ada perusahaan yang belum menjalankan hal tersebut, oleh karena itu mereka wajib merekrut tenaga kerja lokal.
 
Sebagai kepala daerah, Eka sudah memerintahkan Dinas Tenaga Kerja untuk dapat membuat program seperti pameran bursa kerja maupun pemagangan serta pelatihan agar kualitas tenaga kerja lokal bisa meningkat.
 
"Kendalanya memang dari sisi kualitas tenaga kerja lokal, sehingga hal itu akan diperbaiki agar tidak kalah dengan lulusan dari daerah lain yang mencari pekerjaan di Kabupaten Bekasi," ucapnya. **
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 1077 Kali
Berita Terkait

0 Comments