Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Senin, 25/03/2019 11:17 WIB

Pola Hidup Tidak Sehat Percepat Penyakit Jantung Koroner

dr. Hasjim Hasbullah, SpJP dari Rumah Sakit Siloam Bekasi Sepanjang Jaya
dr. Hasjim Hasbullah, SpJP dari Rumah Sakit Siloam Bekasi Sepanjang Jaya

BEKASI, DAKTA.COM - Penyakit jantung koroner adalah penyakit Jantung yang disebabkan oleh penumpukan kolesterol, lemak, atau zat lainnya (atherosclerosis) pada dinding pembuluh darah coroner.

dr. Hasjim Hasbullah, SpJP dari Rumah Sakit Siloam Bekasi Sepanjang Jaya menjelaskan, penyakit jantung koroner ini masih merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia.

Faktor-faktor risiko yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner digolongkan menjadi dua, yaitu faktor yang tidak dapat diubah seperti  usia, jenis kelamin, riwayat keturunan. Dan faktor risiko yang dapat diubah, yakni obesitas, merokok, kolesterol, hipertensi, diabetes. Hal ini lebih disebabkan karena perilaku pola hidup tidak sehat.

“Biasanya gejala dan tanda seseorang terjangkit penyakit jantung koroner itu berasa nyeri dada seperti ditindih yang mendadak, sangat hebat, dan dirasakan secara tiba-tiba. Kemudian keringat dingin, pucat, tubuh melemah, mual, muntah, juga sesak nafas,” kata dr. Hasjim Hasbullah dalam Bincang Kesehatan di Radio Dakta, Senin (25/3).

dr. Hasjim menyampaikan, ketika merasakan gejala seperti di atas, seseorang harus langsung menghentikan aktivitas fisik dan berisitirahat dengan rileks.

“Setelah itu, konsumsi nitrat apabila pasien sebelumnya mendapat obat dari dokter. Carilah pertolongan ke dr. Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah untuk penanganan dan pengobatan. Jangan tunda karena keraguan dapat berdampak buruk,” ucapnya.

Apabila Anda merasakan gejala seperti di atas jangan ragu untuk pergi ke dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah di RS Siloam Bekasi Sepanjang Jaya yang akan ditangani langsung oleh dr. Hasjim Hasbullah, SpJP.


Jadwal praktek dr. Hasjim Hasbullah, SpJP pada hari Senin – Jumat pukul 07.00 – 15.00 WIB dan hari Sabtu pukul 07.00 – 10.00 WIB. RS Siloam Bekasi Sepanjang Jaya berlokasi di Jl. Pramuka Nomor 12, Rawa Lumbu, Bekasi. **

 

Editor : Asiyah Afifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 693 Kali
Berita Terkait

0 Comments