Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 22/03/2019 13:15 WIB

92.331 Siswa Lolos SNMPTN 2019

Kemenristekdikti saat konferensi pers
Kemenristekdikti saat konferensi pers
JAKARTA, DAKTA.COM - Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mengumumkan hasil seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (PTN) di 85 kampus seluruh Indonesia.
 
Hal ini disampaikan langsung oleh Menristekdikti, Mohamad Nasir yang menyatakan sebanyak 92.331 siswa dari total sebanyak 478.608 siswa yang mendaftar di 85 perguruan tinggi negeri seluruh Indonesia. 
 
"Bagi yang belum beruntung masuk melalui jalur SNMPTN,  para siswa masih mempunyai kesempatan untuk masuk PTN melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Ujian Mandiri," terang Nasir di Gedung Kemenristekdikti, Senayan, pada Jumat (22/3).
 
Apabila masih gagal, Nasir mengatakan masih banyak perguruan tinggi yang mempunyai kualitas yang tidak kalah dibandingkan PTN, namun harus dicek terlebih dahulu keaktifan perguruan tinggi tersebut.
 
"Jangan sampai mendaftar ke perguruan tinggi yang sudah non-aktif, nanti akan menjadi masalah. Bisa dicek dahulu status keaktifan perguruan tinggi itu," imbuhnya. 
 
Dari 85 PTN yang berada di Indonesia, 10 besar PTN yang paling banyak menerima peserta adalah Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Padang, Universitas Sumatera Utara, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Jember, Universitas Andalas, Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, Universitas Halu Oreo, dan Universitas Syiah Kuala.
 
"Ini membuktikan penyebaran calon mahasiswa lebih merata, tidak lagi terlalu berpusat di Pulau Jawa. Kami harapkan ke depannya Indonesia Timur juga mampu menghasilkan PTN yang terakreditasi A seperti Unhas," tutupnya. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 646 Kali
Berita Terkait

0 Comments