Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 22/03/2019 09:14 WIB

Berdiri Terlalu Lama Sebabkan Penyakit Varises?

Bincang Sehat bersama dr. Mursid Fadli, Sp.B(K)V dari Mitra Keluarga Bekasi
Bincang Sehat bersama dr. Mursid Fadli, Sp.B(K)V dari Mitra Keluarga Bekasi
BEKASI, DAKTA.COM - Varises merupakan penyakit yang disebabkan karena pembengkakan pembuluh darah vena akibat menumpuknya darah dibagian pembuluh tersebut.
 
Penyakit varises ini biasanya terjadi di sekitar tungkai dan betis yang terdapat tonjolan berwarna ungu dan biru.
 
Menurut, dr. Mursid Fadli, Sp.B(K)V dari Mitra Keluarga Bekasi, faktor-faktor resiko penyakit varises diantaranya usia tua, hal itu karena bertambahnya umur seseorang maka akan terjadi kelemahan katup dari pembuluh darah vena pada tungkai.
 
"Varises pada wanita juga seringkali terjadi saat mengalami kehamilan. Apalagi angka obesitas pada wanita lebih tinggi dibandingkan pria," katanya dalam Bincang Sehat di Radio Dakta, Jumat (22/3).
 
Kemudian duduk dan berdiri dalam waktu yang lama hingga enam jam lebih juga dapat meningkatkan faktor resiko terjadinya penyakit varises.
 
"Faktor resiko lainnya, yaitu genetik dan hormonal, dimana pengaruh hormon progesteron, disini melemahkan dinding pembuluh darah vena pada katupnya," jelasnya.
 
Ia menyampaikan, jika ada pasien yang datang dengan keluhan penyakit varises, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik seperti USG Doppler dan angiografin pada pembuluh darah.
 
"Selain itu pengobatan penyakit varises bisa dilakukan dengan menggunakan metode stocking medis untuk varises. Namun, kalau sudah parah maka akan dioperasi terbuka ataupun teknik minimal invasif untuk perawatan varises vena," pungkasnya. **
Editor : Asiyah Afifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 266 Kali
Berita Terkait

0 Comments