Pemilu 2019 /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 21/03/2019 08:24 WIB

Majelis Hakim Putuskan Caleg PDIP ini Tidak Bersalah

Persidangan Caleg DPRD Kota Bekasi dari PDIP, Enie Widhiastuti
Persidangan Caleg DPRD Kota Bekasi dari PDIP, Enie Widhiastuti
BEKASI, DAKTA.COM - Majelis Hakim telah memutuskan bahwa Caleg DPRD Kota Bekasi Daerah Pemilihan (Dapil) Bekasi Utara dari PDIP, Enie Widhiastuti dinyatakan tidak bersalah, pada agenda persidangan pembacaan putusan Pengadilan Negeri Kota Bekasi, Rabu (20/3).
 
Ketua Majelis Hakim, Togi Pardede menilai Enie tidak bersalah lantaran kehadirannya pada peristiwa saat itu dalam kapasitasnya sebagai seorang Anggota DPRD.
 
Sebelumnya Caleg PDIP Enie Widhiastuti dilaporkan atas dugaan pelanggaran kampanye karena membagikan coklat kepada masyarakat pada 5 Januari 2019 lalu.
 
Tetapi hakim juga mengaku tidak mendapatkan bukti-bukti kuat terkait keterlibatan Enie secara sengaja dalam pembagian selai coklat yang telah dilengkapi dengan stiker dirinya.
 
“Pertama kapasitas dia (Enie) hadir pada acara itu sebagai Anggota DPRD. Kedua, dia tidak tahu menahu soal selai coklat dan pembagiannya itu,” ujar Togi kepada wartawan, Rabu (20/3). 
 
Enie Widhiastuti melalui Penasehat Hukumnya, Febrian Mamahit menyambut baik keputusan Majelis Hakim. Ia merasa keputusan itu telah sesuai dengan fakta-fakta yang terungkap di persidangan.
 
“Iya kita apresiasi keputusan Majelis Hakim. Itu sudah sesuai dengan apa yang muncul dalam persidangan. Kita akan mengikuti semua proses hukum selanjutnya, apabila memang Jaksa Penuntut Umum (JPU) tidak menerima putusan ini,” ungkap Febrian.
 
Pasca persidangan Jaksa Penuntut Umum tidak berkenan mengomentari hasil putusan persidangan. Mereka mengaku akan memikirkan langkah selanjutnya.
 
Sementara Anggota DPRD dari Fraksi PDIP yang juga caleg dapil Bekasi Utara Eni Widiastuti merasa lega dengan putusan hakim. Pihaknya mengakui jika para caleg harus paham betul terkait aturan pelaksanaan pemilu. 
 
"Saya lega telah diputuskan. Ini jadi pembelajaran saya dan kita semua. Bahwa kita para caleg harus memahami betul aturan aturan dalam pemilu," katanya. **
Reporter : Warso Sunaryo
Editor :
- Dilihat 728 Kali
Berita Terkait

0 Comments