Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 19/03/2019 09:44 WIB

Berantas Kemiskinan, Kelurahan Kranji Maksimalkan Program KUBE

Lurah Kranji, Bekasi Barat, Andi Kristanto (foto/instagram)
Lurah Kranji, Bekasi Barat, Andi Kristanto (foto/instagram)
BEKASI, DAKTA.COM - Kelurahan Kranji, Bekasi Barat, Kota Bekasi maksimalkan program kelompok usaha bersama (KUBE) untuk keluarga harapan di wilayah setempat. Hal ini sejalan dengan program pengentasan kemiskinan dari pemerintah pusat. 
 
Wilayah Kranji terdata lebih dari 1000 keluarga masuk dalam kategori keluarga harapan yang harus didorong untuk pengembangan usaha bersubsidi dari pemerintah pusat melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan pemerintah daerah.
 
"Datanya hampir sama dari 2018 sekitar 1.469 warga Kranji masuk dalam keluarga harapan. Pelaksanaan program kelompok usaha bersama yang dilaksanaakan di wilayah Kranji sudah empat titik berupa warung bersubsidi," ungkap Lurah Kranji, Andi Kristanto, Senin (18/3). 
 
Andi mengungkap selain program KUBE yang diluncurkan untuk pengentasan kemiskinan. Dana bagi program keluarga harapan (PKH) juga sudah mulai dicairkan selain program pihak pemerintah daerah yang dibantu pihak swasta. 
 
Menurut Andi, Kelurahan Kranji semangat untuk memfasilitasi penyaluran dana PKH dan bantuan sosial lainnya agar warga miskin dapat mengembangkan usaha secara mandiri. 
 
"Kita dorong untuk ke arah kemandirian usaha agar mereka tidak mengandalkan bantuan dari pihak lain. Pendataan warga kurang mampu di wilayah kita juga diupdate secara berkala melibatkan RT dan RW setempat," ungkapnya. 
 
Program kesehatan dan jaminan sosial juga diberikan bagi warga kurang mampu di wilayah Kelurahan Kranji, Kecamatan Bekasi Barat ini. Pemberian Kartu Sehat dan bantuan pendidikan bagi para siswa kurang mampu juga dilakukan secara berkala. 
 
"Kalau data yang ada hampir semua warga kurang mampu sudah memiliki KS dan urusan pendidikan sampai SMP dijamin oleh pemerintah. Bahkan jika ada yang mau masuk SMA/SMK untuk biaya kita akan bantu memberikan kemudahan dalam bidang pendidikan," terangnya. **
Reporter : Warso Sunaryo
Editor :
- Dilihat 1613 Kali
Berita Terkait

0 Comments