Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 14/03/2019 08:46 WIB

Bayam, Ini Manfaatnya bagi Ibu dan Anak

Ilustrasi Sayuran Bayam
Ilustrasi Sayuran Bayam

BEKASI, DAKTA.COM - Tentu kita sudah tahu bukan bahwa sayuran hijau kaya akan manfaat untuk tubuh. Akan tetapi, tidak semua orang menyukai makanan berjenis sayuran. Terlebih anak-anak. Banyak anak yang tidak suka dengan sayuran hijau seperti bayam, kangkung dan lain sebagainya.

Padahal, zat besi dalam bayam sangat baik untuk menambah energi dan juga membantu melancarkan metabolisme dalam tubuh. Sebab bayam memiliki banyak manfaat baik untuk panca indra maupun organ dalam tubuh. Serta bayam sangat dianjurkan untuk ibu yang menyusui dan juga anak.

Berikut adalah manfaat bayam bagi ibu dan anak:


1. Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat dalam bayam lebih dari 20 persen dan sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan. Ini dapat memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh dan mengurangi nafsu makan. Serat dalam bayam juga bisa melancarkan metabolisme dalam tubuh. Untuk diet, bayam bisa dijadikan sayuran wajib ataupun dibuat untuk jus yang dicampur dengan madu atau susu.

2. Baik untuk Kesehatan Mata

Bayam mengandung banyak sekali kalium dan juga zat besi yang sangat baik untuk kesehatan mata. Zat besi dan juga vitamin A yang terdapat dalam bayam dapat menjernihkan mata dan juga membuat mata lebih sehat. Bayam yang dikonsumsi setiap hari juga dapat mencegah penyakit mata, seperti rabun ataupun katarak.

3. Menjaga Kelembaban Kulit

Bayam juga mengandung vitamin A yang sangat banyak, vitamin A inilah yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Manfaat bayam bagi kulit yaitu dapat menjaga kelembapannya. Selain itu, bayam juga dapat menghilangkan jerawat dan sebagai anti keriput. Memanfaatkan bayam untuk kesehatan kulit dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan mengkonsumsinya secara langsung dan juga dijadikan sebagai masker atau lulur.

4. Untuk Kesehatan Otak dan Tulang Anak

Bayam juga sangat baik untuk kesehatan anak, diantaranya yaitu dapat meningkatkan kecerdasan dengan kandungannya yang dapat menutrisi otak. Selain itu, kandungan kalium dan juga zat besi dalam bayam sangat baik untuk pertumbuhan dan pengembangan tulang untuk anak. Pada masa pertumbuhan, anak membutuhkan banyak sekali zat besi dan kalium yang membantu perkembangan otak dan tulang anak.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Tidak hanya baik untuk anak, bayam juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Di antara manfaatnya yaitu dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Resiko tekanan darah tinggi pada ibu hamil sangat tinggi. Dengan banyak mengkonsumsi sayur bayam dapat menurunkan resiko tekanan darah tinggi tersebut.

Namun, walaupun sangat banyak manfaatnya tapi untuk orang yang berusia 30 tahun keatas dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi bayam terlalu banyak karena dapat mengakibatkan nyeri sendi dan tidak baik untuk penderita asam urat. Sebab berlebihan dalam suatu hal tidaklah baik.

Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 512 Kali
Berita Terkait

0 Comments