Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 13/03/2019 11:39 WIB

KPU Gandeng Disdukcapil Untuk Perbaikan Kekeliruan DPT

Komisioner KPU   Viryan Azis
Komisioner KPU Viryan Azis
JAKARTA, DAKTA.COM - Komisioner KPU RI, Viryan Azis mengaku telah melakukan koordinasi bersama Disdukcapil daerah untuk melakukan perbaikan data daftra pemilih tetap (DPT) yang masih keliru. 
 
Viryan mengatakan kekeliruan data DPT yang menjadi temuan ini memang adanya kesalahan input data di tingkat Disdukcapil, sementara petugas KPU melakukan penyusunan DPT sesuai dengan data dari Disdukcapil daerah setempat. 
 
"Data itu hasil dari pencatatan di Dukcapil di daerah, misalnya ada pemilih yang tidak ingat lahirnya tanggal berapa, bulan berapa, hal-hal seperti itu yang kemudian disamakan," ungkap Viryan pada Rabu (13/3).
 
Maka dari itu, mereka telah memerintahkan kepada petugas KPU di daerah untuk segera memeriksa kekeliruan data bersama Disdukcapil setempat.
 
"Ini bukan hanya terjadi sekarang, jadi ini bukan data yang tidak wajar, tapi data yang secara administrasi kependudukan memang demikian adanya," tutupnya. 
 
Sebelumnya, BPN Prabowo-Sandi melaporkan temuan DPT tidak wajar Pemilu Presiden 2019 yang mencapai angka 17,5 juta orang. Karena itu, mereka mendorong KPU sebagai lembaga penyelenggara pemilu untuk segera memperbaikinya agar dapat menghasilkan pemilu yang jujur dan berkualitas. 
 
Selain ke KPU, mereka juga menyerahkan temuan tersebut kepada pihak Ditjen Dukcapil Kemendagri untuk segera diperbaiki sehingga mencegah penggelembungan suara menjelang hari pencoblosan pada 17 April mendatang. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 142 Kali
Berita Terkait

0 Comments