Pemilu 2019 /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 13/03/2019 08:49 WIB

KPU Kota Bekasi Berharap Surat Suara Pemilihan Presiden Segera Tiba

Proses pelipatan dan penyortiran surat suara di Kota Bekasi
Proses pelipatan dan penyortiran surat suara di Kota Bekasi
BEKASI, DAKTA.COM - Saat ini KPU Kota Bekasi melakukan pelipatan dan penyortiran Surat Suara DPRD Kota Bekasi, DPD Provinsi Jawa Barat, dan DPR RI. Namun surat suara DPD RI dan Pilpres belum tiba di Kota Bekasi dan masih dalam proses percetakan. 
 
"Total surat suara presiden yang belum tiba, yaitu 8,6 juta. Tetapi untuk saat ini yang kita sortir baru 5,8 an juta surat suara," ungkap Nurul Sumarheni Ketua KPU Kota Bekasi kepada Dakta, Selasa (13/3).
 
Nurul memperediksi surat suara DPD RI kemungkinan tiba di Kota Bekasi sekitar tanggal 16 Maret 2019, sedangkan surat suara pemilihan presiden tanggal 30 Maret 2019. Namun pihak KPU Kota Kota Bekasi berharap dipercepat. 
 
"Tapi kami minta di re-schedule supaya dipercepat. Kami menargetkan tanggal 30 maret 2019 selesai untuk penyortiran dan pelipatan semua surat suara, karena per 1 April kami sudah melakukan pengepakan ke kotak suara dan tanggal 10 april sudah harus didistribusikan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Bekasi," katanya. 
 
Petugas pelipat direkrut standar dari warga sipil yang penting mereka dapat membaca, menulis, dan tidak buta warna. Untuk Honor para pekerja pelipatan dan penyortiran dihitung per lembar nilainya Rp75 rupiah per lembar untuk surat suara persiden dan Rp65 untuk surat suara lainnya. 
 
"Dalam pelaksanaan pelipatan kami berupaya bekerja dengan baik menghindari juga kesalahpahaman kepada khayalak sehingga petugas sortir di sini tidak boleh memakai atribut parpol atau pasangan calon dan dilarang menggunakan alat komunikasi dan membawa tas," katanya. 
 
Dalam penyortiran dan pelipatan surat suara, pihak KPU Kota Bekasi juga melibatkan petugas keamanan dari unsur kepolisian dalam pengawasan.
 
"Kita harap teman-teman yang membantu menyortir dan melipat ini bisa kerja akurat dan cepat sehingga target penyelesaian bisa tercapai," pungkas Nurul. **
Reporter : Warso Sunaryo
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 191 Kali
Berita Terkait

0 Comments