Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Senin, 04/03/2019 08:12 WIB

Dihadapan Presiden, Pedanga Bakso Minta Sertifikat Halal Dipermudah

Dihadapan Presiden PAPMISO meminta pemerintah mempermudah pembuatan sertifikat halal
Dihadapan Presiden PAPMISO meminta pemerintah mempermudah pembuatan sertifikat halal
CIKARANG, DAKTA.COM - Paguyuban Pedagang Mie dan Baso (PAPMISO) meminta pemerintah mempermudah pembuatan sertifikat halal bagi pedagang bakso dan mie ayam.
 
Sekretaris PAPMISO, Bambang Hariyanto dihadapan Presiden Joko Widodo dalam acara Gebyar Bakso Merah Putih Indonesia Bersatu di Lapangan Deltamas Cikarang Pusat, Ahad (3/3) mengatakan pemerintah diminta mengesahkan Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Jaminan Produk Halal (JPH) yang merupakan turunan dari UU Nomer 33 Tahun 2014 karena selama ini usaha kecil menengah kesulitan dalam mengurus sertifikasi halal MUI.
 
"Dengan disahkannya RPP itu pelaku usaha kecil dapat mengurus sertifikasi halal dengan biaya murah dan kemudahan administrasinya," ucapnya.
 
Menurutnya label halal sangat penting bagi pedagang agar tidak terkena dampak isu negatif tentang bakso karena setiap ada isu itu dapat menggerus pendapatan sekitar 50 persen.
 
"Kami berterimakasih, Pak Presiden telah menetapkan bakso sebagai salah satu makanan khas nusantara," kata dia.
 
Dirinya juga berharap kepada Bapak Jokowi, supaya peraturan yang sedang dirumuskan dalam Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Jaminan Produk Halal berpihak pada pedagang mie dan bakso.
 
"Mudah-mudahan, kita kan butuh banget untuk dagang bakso, kita butuh ngurus halal itu jangan sampai ribet, berbelit - belit apalagi biayanya mahal. Mudah-mudahan kunci jawabannya ada di RPP," pungkasnya.
 
Ia menjelaskan kemudahan label halal itu sebagai bentuk konkrit dari pemerintah agar pelaku usaha makanan khas nusantara dapat bersaing dengan produk luar negeri.
 
"Jumlah anggota PAPMISO di Jawa Barat mencapai Rp50 ribu orang dan hampir 2 juta di seluruh Indonesia," tutupnya. **

 

Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 859 Kali
Berita Terkait

0 Comments