Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Senin, 25/02/2019 11:18 WIB

Inilah Gejala dan Penyebab Penyakit Tipes

Bincang Kesehatan bersama dr. Baringin De Samakto Sitompul dari  Siloam Hospitals Lippo Cikarang
Bincang Kesehatan bersama dr. Baringin De Samakto Sitompul dari Siloam Hospitals Lippo Cikarang
BEKASI, DAKTA.COM - Typhoid atau yang sering disebut tipes adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella Typhosa.
 
dr. Baringin De Samakto Sitompul, SpPD dari rumah sakit Siloam Hospitals Lippo Cikarang mengatakan biasanya gejala tipes ini diawali dengan demam pada masa inkubasi yang berlangsung 7-14 hari.
 
"Namun gejala tipes ini tidak hanya demam, melainkan juga pencernaan yang terganggu seperti mual, muntah-muntah hebat, diare, denyut jantung lemah, nyeri otot bahkan sulit tidur," katanya dalam Bincang Sehat di Radio Dakta, Senin (25/2).
 
Menurutnya, cara kerja bakteri Salmonella Typhosa ini menyerang usus kecil dalam tubuh yang bisa masuk ke sel-sel peredaran darah. 
 
Sehingga apabila sistem imun tubuh sedang menurun, bakteri tersebut dapat dengan mudah menyerang daya tahan tubuh.
 
"Kalau bakteri di usus kecil itu tidak diobati maka dapat merusaknya sehingga menyebabkan kebocoran usus. Kalau sudah begitu kesadaran tubuh akan menurun, karena bakteri sudah menyebar lewat darah, kondisi tubuh akan memburuk, dan harus segera dioperasi," paparnya.
 
Penyebab Tipes
 
Ia menjelaskan, penyebab utama penyakit tipes ini karena pola hidup yang tidak higenis atau kurang bersih. Karena bakteri tersebut dapat menyebar melalui makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi.
 
"Misalnya kebiasaan makanan di pinggir jalan yang tidak higenis, tidak mencuci tangan sebelum makan. Hal itu membuat penularannya lebih cepat," ucapnya.
 
Selain itu, makanan yang tidak dimasak sampai suhu yang optimal atau tidak sampai titik didih, juga dapat menyebabkan bakteri Salmonella Typhosa yang ada tidak mati.
 
"Untuk itu disarankan supaya sebelum makan mencuci tangan pakai sabun, harus memilih makan sehat dan tempat yang higenis, dan jangan memakan makanan yang setengah matang," pungkasnya.
 
Sebagai informasi, Siloam Hospitals Lippo Cikarang merupakan rumah sakit tipe B dengan fasilitas dan pelayanan terbaik yang berlokasi di Jalan Muhammad Haji Thamrin Kav. 105, Cibatu, Cikarang Selatan.
 
Fasiltas dan layanan meliputi Computed Tomography (CT) Scan, Ekokardiografi, Elektrokardiogram (EKG), Elektroensephalogram (EEG), Elektromiografi (EMG), Urologi, Tempat Tidur High Care Unit (HCU), Unit Gawat Darurat 24 jam, dan sebagainya. **
Editor : Asiyah Afifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 570 Kali
Berita Terkait

0 Comments