Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 22/02/2019 13:57 WIB

Distani Kabupaten Bekasi Percepat Proses Legalitas Lahan Abadi

ilustrasi
ilustrasi
CIKARANG, DAKTA.COM - Jumlah warga Kabupaten Bekasi yang bekerja di bidang pertanian angkanya semakin menurun akibat beralih fungsinya lahan pertanian menjadi industri dan perumahan.
 
Berdasarkan data, untuk tahun 2014, warga yang menggantungkan hidupnya di lahan pertanian sebanyak 135.352 orang sementara di tahun 2017 angka menurun sebanyak 58.410 orang.
 
Turunnya angka pekerja di bidang pertanian itu berbanding dengan luas lahan persawahan yang semakin menurun, yang saat ini tinggal 42 ribu hektare.
 
Menyikapi hal ini, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi mengatakan memang lahan persawahan maupun pekerja di bidang pertanian angkanya terus turun hal ini akibat adanya industri dan pemukiman.
 
"Oleh karena itu kami akan mempercepat proses legalisasi lahan abadi pertanian supaya lahan yang ada tidak tergerus lagi oleh industri," katanya di Cikarang, Jumat (22/2).
 
Abdulah Karim menyebut meski lahan pertanian terus turun, tetapi masih bisa memenuhi konsumsi warga Kabupaten Bekasi.
 
Tiap tahun, hasil produksi padi 576 ribu ton padi sementara untuk tingkat kebutuhan konsumsi warga selama setahun 342 ribu ton sehingga produksi padi surplus. **
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 833 Kali
Berita Terkait

0 Comments