Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 21/02/2019 07:38 WIB

Ini Faktor Penyebab Tawuran di Usia Remaja

Ilustrasi tawuran
Ilustrasi tawuran
BEKASI, DAKTA.COM - Akhir akhir ini kembali marak terjadi tawuran antar-remaja, terakhir di Jalan Agus Salim Bekasi Timur terjadi tawuran yang menewaskan satu orang.
 
Menurut Psikolog dari Universitas Islam 45 atau Unisma, Nur Hidayah bahwa penyebab para remaja itu melakukan aksi tawuran bisa dipengaruhi dari berbagai faktor.
 
Pertama tentu dari keluarga, berdasarkan penelitian tindakan negatif anak berasal dari keluarga yang tidak harmonis. 
 
"Akibatnya mereka tidak mendapat kasih sayang lebih dari orang tua, sehingga jiwanya seperti kering," ungkapnya saat dihubungi Dakta, Kamis (21/2).
 
Ia menyampaikan, usia remaja itu masa sedang mencari identitas diri, untuk itu pengaruh teman sebaya sangat berperan membentuk karakter anak.
 
"Bisa jadi temannya itu juga sedang mencari eksistensi diri, kemudian lingkungan mendukung (negatif) karena wilayah publik anak untuk berekspresi kurang, walaupun ada sudah berbayar. Karena rata-rata mereka dari keluarga yang menengah ke bawah," jelasnya.
 
Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa dalam hal ini peran psikolog penting untuk melakukan pendekatan, karena remaja seperti itu kesejahteraan psikologisnya rendah sehingga mudah terprovokasi.
 
"Sebenarnya mereka itu sekadar ingin dihargai di mata teman-temannya sehingga hanya ikut-ikutan saja," ucapnya.
 
Untuk itu diperlakukan semua peran agar mencegah anak usia remaja melakukan tawuran, apalagi sampai tindakan kriminal pembegalan.
 
"Remaja tawuran dengan pembegal berbeda. Kalau begal ada tujuan ekonomi untuk mendapatkan sesuatu, kalau tawuran karena hanya ingin bersifat agresif," pungkasnya. 
 
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 4719 Kali
Berita Terkait

0 Comments