Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 21/02/2019 14:13 WIB

Sistem SBMPTN Berubah di 2019, Ini Perbedaanya

Ilustrasi SBMPTN
Ilustrasi SBMPTN
JAKARTA, DAKTA - Ada tiga jalur dalam skema masuk perguruan tinggi negeri (PTN) pada tahun pendidikan 2019/2020, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi  Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi  Negeri (SBMPTN), dan Ujian Mandiri.
 
Untuk SNMPTN pendaftarannya sudah ditutup, berdasarkan data dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebanyak 478.070 siswa telah melakukan pendaftaran dan difinalisasi pada Rabu (20/2). Jumlah tersebut berdasarkan 14.074 sekolah yang telah mendaftarkan diri agar peserta  didiknya untuk mengikuti SNMPTN 2019.
 
Untuk SBMPTN 2019, Prof. Dr. Ir. Budi Prasetyo Widyobroto,  DESS., DEA selaku Ketua Harian LTMPT menyatakan bahwa SBMPTN tahun ini akan berbeda dengan tahun 2018.
 
"Yang sekarang ini, pendaftar SBMPTN salah satu syaratnya harus mengikuti tes ujian tulis berbasis komputer (UTBK). Dengan materi tesnya, yaitu tes kompetensi skolastik dan potensi akademik dalam durasi 3,5 jam," jelas Budi saat dihubungi Radio Dakta, Selasa (19/2).
 
LTMPT akan menyelenggarakan UTBK sebanyak 20 kali, dimana nantinya, masing-masing peserta diperkenankan mengikuti UTBK maksimal sebanyak dua kali, untuk memperoleh nilai tertinggi.
 
Penyelenggaraan UTBK akan dibagi dua jenis berdasarkan jenis program studi, yaitu program studi science and technology (saintek) dan program studi sosial-humaniora (soshum). Bagi peserta yang ingin mendaftar di program studi saintek dan soshum harus mengikuti ujian masing-masing satu kali berdasar program studi.
 
"Untuk siswa yang akan mengambil program studi saintek  harus memiliki nilai UTBK saintek, dan untuk yang mengambil  program studi soshum peserta harus memiliki nilai UTBK soshum," lanjut pakar peternakan UGM tersebut.
 
Pendaftaran SBMPTN 2019 akan dibuka dalam dua gelombang, gelombang I mulai Maret 1 - 24 Maret 2019 dan gelombang II mulai 25 Maret - 1 April 2019, melalui website sbmptn.ltmpt.ac.id. Peserta  yang diterima melalui jalur SNMPTN 2019 tidak diperbolehkan  mendaftar SBMPTN 2019. (izal)
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 1073 Kali
Berita Terkait

0 Comments