Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 20/02/2019 08:19 WIB

FGD Distaru Kota Bekasi, Bahas Prospek Penataan Ruang

Forum Group Discussion Dinas Tata Ruang Kota Bekasi
Forum Group Discussion Dinas Tata Ruang Kota Bekasi
BEKASI, DAKTA.COM - Bertempat di Ballroom Hotel Santika Mega Bekasi, Dinas Tata Ruang (Distaru) Kota Bekasi menggelar kegiatan Forum Group Discussion (FGD) Potensi, Tantangan, dan Prospek Penataan Ruang Kota Bekasi.
 
Hadir pada kegiatan tersebut Wali Kota Bekasi, Dr Rahmat Effendi, Kepala Dinas Tata Ruang Kota Bekasi, Kepala Bagian Humas Kota Bekasi, Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi beserta Camat, dan Sekretaris Camat se-Kota Bekasi.
 
Wali Kota Bekasi menyambut dengan baik serta memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan yang sangat strategis tersebut.
 
"Pertumbuhan dan perkembangan suatu wilayah dilatarbelakangi oleh berbagai potensi, tantangan dan prospek penataan ruang, serta aspek kehidupan, seperti perkembagan jumlah penduduk, kemajuan ilmu pengetahuan, dan teknologi," katanya, Selasa (19/2).
 
Faktor-faktor tersebut membawa perubahan terhadap bentuk keruangan wilayah baik secara fisik maupun non fisik melalui kegiatan manusia.
 
"Harus direncanakan dan harus dipikirkan dari sekarang itu perubahan tersebut apabila tidak ditata dengan baik akan mengakibatkan perkembangan yang tidak terarah dan mengalami penurunan kualitas ruang, kita harus berfikir jauh kedepan," katanya.
 
Lebih jauh lagi, Wali Kota Bekasi menyampaikan bahwa pemerintah memiliki wewenang dalam pelaksanaan penataan ruang wilayah yang meliputi perencanaan tata ruang wilayah kota maupun kabupaten.
 
"Penyusunan tata ruang dilakukan berdasarkan kaidah-kaidah perencanaan yang mencakup asas keselarasan, keserasian, keterpaduan, kelestarian, keberlanjutan, serta keterkaitan antar wilayah baik di dalam daerah itu sendiri maupun dengan daerah lainnya, dalam hal ini harus terintegrasi," terang Wali Kota Bekasi.
 
Dalam proses yang dinamis ini, mengandung pengertian bahwa dalam proses mewujudkan tujuan rencana tata ruang dan menjawab tantangan prospek ke depannya.
 
Pihaknya sangat berharap, penyelenggaraan FGD mampu memberikan gagasan yang konstruktif sehingga rencana tata ruang wilayah menjadi lebih rasional dan terarah.
 
"Agar mencapai rencana tata ruang wilayah yang diharapkan, untuk mewujudkan peradaban yang lebih baik lagi," tutupnya. **
Reporter : Warso Sunaryo
Editor :
- Dilihat 1406 Kali
Berita Terkait

0 Comments