Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Senin, 18/02/2019 14:54 WIB

Pemkab Bekasi Didesak Lebih Serius Tangani Limbah Kali CBL

Sampah Kali CBL (Istimewa)
Sampah Kali CBL (Istimewa)
CIKARANG, DAKTA.COM - Pemerintah Kabupaten Bekasi mengklaim telah banyak melakukan program pembersihan terhadap sungai dari pencemaran limbah.
 
Padahal, jika dilihat secara kasat mata kali yang ada di Bekasi kondisinya penuh sampah dan kotor, hal ini akibat adanya limbah yang dibuang oleh masyarakat maupun perusahaan.
 
Contoh dari kotornya sungai terdapat di Kali Cibitung Bekasi Laut (CBL). Sungai yang mengaliri wilayah Cikarang kemudian mengalir ke Kali Bekasi itu kondisinya kotor dan warna airnya pekat, hal itu diindikasikan akibat adanya limbah.
 
Pelaksana Tugas Bupati Bekasi, Eka Supri Atmaja mengatakan terkait pencemaran kali khususnya di Kali CBL dalam waktu dekat akan dirapihkan, saat ini diakuinya sudah mulai terlihat di seluruh Kali di Bekasi bahwa airnya sudah mulai jernih, hal itu karena pengawasan yang dilakukan.
 
"Pengawasan terhadap pencemaran dilakukan dengan menindak perusahaan pembuang limbah," ucapnya di Cikarang, Senin (18/2).
 
Sementara itu terpisah, Ketua Aliansi Utara (ALU) Sanusi Nasihun memberikan keterangan yang berbeda, bahwa Pemkab Bekasi masih kurang serius membenahi pencemaran kali khususnya Kali CBL.
 
"Kami sempat melakukan uji laboratorium terhadap air di Kali CBL, dan diketahui pencemarannya sangat parah, karena perusahaan membuang limbah tetapi anehnya Pemkab Bekasi belum menindak mereka," katanya di Cikarang, Senin (18/2).
 
Kali yang tadinya untuk irigasi sudah tidak bisa digunakan, hal ini akibat tercemar. **
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 1138 Kali
Berita Terkait

0 Comments