Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 15/02/2019 16:03 WIB

KPAI : Pola Asuh Keluarga Membentuk Karakter Anak

Komisioner KPAI, Retno Listyarti ( Foto : Istimewa)
Komisioner KPAI, Retno Listyarti ( Foto : Istimewa)
JAKARTA, DAKTA.COM - Komisioner KPAI Retno Listyarti menyampaikan pengaruh pola asuh keluarga sangat penting dalam membentuk karakter anak. 
 
"Saya pikir ini ada pengaruh dari keluarga, bagaimana pola asuh mereka terhadap pembentukan karakter anak karena mereka kan melihat model dahulu lalu meniru," papar Retno menanggapi masalah sejumlah video para remaja yang viral di sosial media seperti pelajar yang berani menantang gurunya beberapa waktu lalu, di Jakarta, Jumat (15/2). 
 
Maka dari itu Retno mengusulkan agar di setiap awal tahun ajaran baru, pihak sekolah mengadakan pertemuan dengan ortu untuk membuat kesepakatan mengenai tata tertib sekolah. 
 
"Kesepakatan ini akan membuat guru dan orang tua paham mengenai rambu-rambu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam menentukan sanksi, jadi tidak ada yang dirugikan," imbuhnya. 
 
Di awal tahun 2019, KPAI mencatat banyaknya kasus anak di bidang pendidikan, mulai dari video siswa yang menantang guru di Gresik, sampai kasus ditolaknya 14 siswa di Solo karena diduga menderita HIV. 
 
Dengan masih tingginya kasus kekerasan di bidang pendidikan, KPAI mendorong agar Kemendikbud dan Kemenag memperkuat percepatan terwujudnya program Sekolah Ramah Anak. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 466 Kali
Berita Terkait

0 Comments