Jelang Pilpres 2019 /
Follow daktacom Like Like
Senin, 11/02/2019 16:15 WIB

Kesiapan Debat Pilpres Kedua Capai 85 Persen

Komisioner Komisi Pemilihan Umum Ilham Saputra
Komisioner Komisi Pemilihan Umum Ilham Saputra

JAKARTA, DAKTA.COM - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ilham Saputra mengatakan bahwa persiapan debat kedua Pilpres 2019 sudah mencapai 85 persen.

KPU menyatakan akan tetap mengundang sejumlah tokoh penting untuk hadir menyaksikan debat kedua pilpres secara langsung.

“Jadi saya kira sudah 85 persen (kesiapan). Kami sudah siap untuk melaksanakan debat yang kedua ini,” ujar Ilham di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (11/2).

Menurutnya, KPU sudah melakukan pengecekan ke lokasi debat di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat. KPU juga sudah berkordinasi dengan pihak keamanan dan paspampres untuk memastikan pengamanan selama debat pilpres nanti.

Untuk kegiatan nonton bareng (nobar) debat kedua, KPU menyediakan lokasi di Parkir Timur Senayan. Lokasi nobar itu diperuntukkan bagi pendukung paslon capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin dan paslon capres-cawapres Prabowo-Sandiaga Uno.

Sementara itu, terkait pertanyaan debat, Ilham mengatakan masih dalam proses penyelesaian oleh tim panelis. Penyusunan pertanyaan debat menjadi kewenangan penuh dari tim panelis dan KPU tidak ikut campur dalam menyusunnya.

“Ya itu pokoknya urusan panelis. Pokoknya nanti terakhir kita akan undang lagi panelis dengan moderator, kemudian pertanyaan-pertanyaan ini diberikan (ke moderator), baru kita tanyakan saat hari H, 17 Februari mendatang,” tutur Ilham.

Selain itu, lanjut Ilham, undangan debat yang kedua nanti juga akan diperbanyak dibandingkan debat pertama. Sejumlah tamu VVIP seperti Susilo Bambang Yudhoyono dan Megawati Soekarnoputri akan diundang dalam debat kedua.

Para cawapres juga akan diundang untuk menyaksikan debat secara langsung. Namun, secara umum, nama-nama yang diundang dalam debat kedua ada persamaan dan perbedaan.
 
“Misalnya kemarin (tema) hukum kita undang orang hukum, besok tanggal 17 Februari soal energi, soal pangan, soal infrastruktur tentu saja kita akan undang orang-orang yang berkaitan dengan isu tersebut,” tutur Ilham.

Kemudian, meski segmen debat tetap sama dengan debat  pertama, tetapi akan ada segmen keempat berupa debat bebas. Pada segmen ini, kedua capres akan disuguhkan dengan film pendek yang sesuai dengan tema debat, kemudian diminta tanggapan dan selanjutnya debat bebas selama 16 menit.

Sebagimana diketahui, debat pilpres kedua ini dijadwalkan digelar di Hotel Sultan, Jl Gatot Subroto, Jakarta Pusat pada Ahad, 17 Februari mendatang. Debat kedua nanti merupakan debat antarcapres, yakni Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto.

Dalam debat kedua, ada sejumlah tema yang akan dibahas, yakni energi dan pangan, SDA dan lingkungan hidup serta infrastruktur.

Debat kedua ini akan dipandu oleh dua orang moderator, yakni Anisha Dasuki dan Tommy Tjokro. Pertanyaan debat kedua ini disusun oleh tujuh orang panelis yang telah dipilih oleh KPU. **

Editor : Asiyah Afifah
Sumber : Republika
- Dilihat 296 Kali
Berita Terkait

0 Comments