Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 08/02/2019 09:19 WIB

Sinergi Foundation Inisiasi Pipanisasi Bagi Masyarakat Kekurangan Air

Pipanisasi di desa Cibunut,  Sumedang
Pipanisasi di desa Cibunut, Sumedang
SUMEDANG, DAKTA.COM - Pasca penggenangan 6.000 hektar tanah di sekitar Waduk Jatigede Sumedang 2015 lalu, ada banyak permasalahan yang menimpa Orang Terkena Dampak (OTD). Diakui warga, kekeringan melanda desa-desa sekitar waduk. Kondisi ini ditambah dengan meningkatnya jumlah warga yang berpindah dari lokasi penggenangan, hingga masyarakat kian kesulitan air.
 
“Alhamdulillah, menanggapi permasalahan ini, Sinergi Foundation menginisiasi adanya pembangunan sarana air bersih atau pipanisasi untuk Dusun Cibunut, Mekarasih, Jatigede, Sumedang. Ada tiga titik pipanisasi yang semuanya dialirkan untuk warga di dusun tersebut,” tutur Asep Irawan, CEO Sinergi Foundation.
 
Sebelumnya, warga hidup di tengah kesulitan untuk memenuhi kebutuhan karena sawah-sawah sebagai mata pencaharian sudah ditenggelamkan.
 
Lebih dari itu, Asep menerangkan, masyarakat pun harus menanggung kelangkaan air. Mereka kerap menggunakan air keruh dan asin untuk keperluan sehari-hari, seperti mencuci, mandi, namun tidak bisa untuk air minum. 
 
“Warga yang semula harus menempuh berkilo-kilo meter untuk membeli air minum, kini termudahkan dengan pipanisasi ini,” katanya.
 
Pipanisasi ini disambut hangat warga Cibunut. “Alhamdulillah, kami sudah tak perlu lagi menggunakan air kotor untuk mandi dan mencuci. Kami juga bisa menggunakannya untuk minum. Adanya air bersih pun memudahkan kami berjualan bakso dan makanan lainnya,” ujar Tarsimah, salah satu warga Dusun Cibunut.
 
Melalui penyaluran ini, Asep berharap agar pipanisasi ini bermanfaat dan berkah untuk warga Dusun Cibunut dan sekitarnya. “Apabila masyarakat hendak berdonasi untuk membantu sesama yang membutuhkan seperti warga Cibunut, bisa langsung mengunjung website kami: www.sinergifoundation.org,” tandasnya. **
Editor : Asiyah Afifah
Sumber : Rilis Sinergi Foundation
- Dilihat 720 Kali
Berita Terkait

0 Comments