Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 08/02/2019 16:13 WIB

Pemprov Jabar Bangun Tiga TPA Berbasis Teknologi

Dialog Swara Jawa Barat bersama Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat, Hasbullah Rahmad
Dialog Swara Jawa Barat bersama Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat, Hasbullah Rahmad
BEKASI, DAKTA.COM - Pemerintah Provinsi Jawa Barat saat ini sedang gencar melakukan pembangunan infrastruktur di seluruh sektor.
 
Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat, H.M., Hasbullah Rahmad mengatakan salah satu pembangunan infrastruktur yang menjadi fokus utama di tahun 2019, yaitu tempat pembuangan akhir (TPA) berbasis teknologi di tiga wilayah.
 
"Pemprov Jabar sedang mengerjakan pembuatan TPA regional skala besar di Citeureup (Kabupaten Bogor) yang akan menjadi pembangkit listrik tenaga sampah, Bandung Raya, dan kawasan Cirebon," katanya dalam Dialog Interaktif Swara Jawa Barat di Radio Dakta, Jumat (8/2).
 
Menurutnya, dengan pembuatan TPA berbasis teknologi ini, sampah akan digiling menjadi bricket dan bisa digunakan sebagai pengganti batu bara.
 
"Nantinya ampas yang dihasilkan hanya 3 persen dari pengolahan sampah itu dan sudah kita siapkan bak penampungan untuk diolah kembali," ucapnya.
 
Untuk di Bekasi sendiri, Pemprov Jabar sedang mengkajian revitalisasi Kalimalang yang akan disulap menjadi destinasi wisata seperti di Korea Selatan.
 
"Revitalisasi ini diharapkan bisa mengubah citra kali yang kumuh menjadi sangat strategis dan berdampak pada ekonomi. Pemerintah daerah juga bisa saling bersinergi untuk mensupport pembangunan ini," katanya.
 
Ia menambahkan, konsep pembangunan infrastruktur yang dicanangkan Pemprov Jabar ini berupaya untuk memperhatikan lingkungan di sekitarnya.
 
"Jangan sampai adanya pembangunan merusak lingkungan dan fungsi lahan. Ini harus berdampak pada peningkatan perekonomian," pungkasnya. **
Editor : Asiyah Afifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 491 Kali
Berita Terkait

0 Comments