Nasional /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 07/02/2019 13:59 WIB

Kartu Multi Trip KRL Segera Jadi Uang Elektronik

Pengguna Kartu Multi Trip KRL
Pengguna Kartu Multi Trip KRL

JAKARTA, DAKTA.COM - PT. KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) berencana mengubah fungsi Kartu Multi Trip (KMT) untuk tiket perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL) menjadi uang elektronik (e-money), yang keberadaannya akan sejenis dengan Mandiri e-Money, TapCash BNI, Flazz BCA, dan BRIZZI BRI.

 

"Kami dalam proses mengembangkan fungsi tiket KMT KRL yang saat ini hanya untuk pembayaran perjalanan KRL saja, ke depannya kami berharap dapat menjadi alat bayar di berbagai moda lainnya," ungkap Vice President Komunikasi PT. KCJ, Eva Chairunisa kepada Dakta, Rabu (6/2).

 

Manajemen PT. KCJ tengah mengurus perizinan ke Bank Indonesia (BI) untuk menjadikan KMT sebagai e-money, karena bank sentral tersebutlah yang mengeluarkan izin peredaran e-money di Indonesia.

 

Eva menjelaskan, KMT saat ini hanya memiliki izin Sistem Kendali Tertutup (Close Loop) dan akan diubah untuk memiliki izin Sistem Kendali Terbuka (Open Loop) agar dapat melakukan pembayaran yang terintegrasi dengan moda transportasi lainnya.

 

"Pengurusan izin e-money ini sudah lama, sudah kami urus sejak 2017. Namun, memang prosesnya ini cukup panjang. Dan ada perubahan aturan dari BI terkait close loop ataupun open loop," imbuh Eva.

 

Eva mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir untuk mengganti KMT yang sudah dimiliki, bila peraturan ini sudah dikeluarkan dan kebijakan ini diimplementasikan. Sebab, saat ini chip dalam KMT sudah sesuai dengan platform khusus untuk pembayaran transportasi yang dimiliki Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).  (izal)

 

Editor : Tyas Rahayu
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 332 Kali
Berita Terkait

0 Comments