Nasional /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 06/02/2019 10:28 WIB

Indonesia Bisa Jadi Kekuatan Dunia Asal Potensi Dikelola

Anggota Komisi II DPR RI Sutriyono
Anggota Komisi II DPR RI Sutriyono
PATI, DAKTA.COM -- Indonesia memiliki potensi untuk tampil sebagai kekuatan global. Hal ini sebagaimana dicita-citakan oleh para pendiri bangsa yaitu menciptakan perdamaian dunia.
 
Artinya Indonesia tampil dalam panggung global untuk menjaga dan memelihara perdamaian dunia. Menurut anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia, Sutriyono bahwa cita-cita ini bukan tanpa dasar atau sekadar visi Indonesia sebagai negara merdeka.
 
Ini tentu didasarkan atas potensi kekuatan yang dimiliki oleh bangsa ini. Rumusan falsafah kita dalam berbangsa dan bernegara bukan tanpa dasar dan pemikiran yang mendalam. 
 
Ini adalah saripati pikiran dan kearifan bangsa ini yang kemudian dirumuskan oleh para pendiri bangsa. Ini yang kita sebut dengan empat pilar berbangsa dan bernegara," kata Sutriyono.
 
Dengan kekuatan falsafah berbangsa dan bernegara tersebut Indonesia memiliki modal dasar yang kuat untuk tampil sebagai kekuatan dunia. Tidak semua negara memiliki falsafah seperti Indonesia. Empat pilar kebangsaan ini telah mengikat dan menghimpun semua anak negeri dalam satu ikatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang memiliki latar budaya, bahasa, adat istiadat dan agama berbeda-beda.
 
"Ikatan yang menyatukan Indonesia itu harus dijaga dan dipelihara agar kekuatan dan potensi setiap elemen anak bangsa bisa dioptimalkan dalam mewujudkan cita-cita kemerdekaan," katanya, Rabu (6/1).
 
Untuk itu perlu pemahaman dan membangun kesadaran secara terus menerus kepada generasi penerus bangsa. "Generasi muda harus kita bangun karakternya. Karakter kebangsaan. Nah, itu ada dalam empat pilar. Ini menjadi modal dasar dalam membentuk kader-kader bangsa yang siap menjadikan Indonesia sebagai kekuatan besar dunia," kata Sutriyono.
 
Pria kelahiran Pati itu menambahkan Indonesia sebagai kekuatan dunia bukan impian belaka. Ada banyak faktor yang bisa menjadikan Indonesia tampil dalam pentas percaturan global. Indonesia menjadi pemain utama bukan sebagai pengekor atau penonton.
 
"Bukan mustahil. Asal syarat, ketentuannya kita penuhi dan potensi yang ada kita optimalkan, saya yakin Indonesia akan menjadi kekuatan besar dunia. 
 
"Karakter kebangsaan harus kita perkuat, terutama pada generasi milenial karena ini akan tercapai di masa mereka. Bangsa dengan karakter yang kuat akan bisa hadir di panggung global," jelasnya.
 
Aspek sumber daya manusia, kekayaan alam dan lingkungan geografis menjadi modal yang tak dimiliki oleh bangsa lain. Indonesia memiliki potensi tersebut. Untuk itu Sutriyono usai memberikan sosialisasi empat pilar kebangsaan di kalangan milenial berharap perlu mensinergikan kekuatan karakter dan skill. Demikian paparan Sutriyono dalam kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di SMK Muhammadiyah 2 Tayu, Desa Pundenrejo, Kecamatan Tayu, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 272 Kali
Berita Terkait

0 Comments