Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 06/02/2019 13:31 WIB

Dishub Kota Bekasi Rumuskan Angkot Berbasis Daring

Angkot Kota Bekasi
Angkot Kota Bekasi
JAKARTA, DAKTA.COM - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi tengah merumuskan angkutan kota (angkot) berbasis daring. Hal ini dinilai dapat membantu pendapatan angkot karena terseret arus transportasi modern. 
 
"Intinya kita pemerintah mencari formula yang terbaik untuk angkot yang sampai hari ini pendapatannya menurun. Kan, kasian, sehari setoran paling mereka Rp20.000-Rp30.000," ujar Kepala Bidang Angkutan Dishub Kota Bekasi, Fatikhun, Rabu (6/2/2019).
 
Dia mengungkapkan usulan ini disertai dengan pembuatan aplikasi guna modernisasi operasional angkot yang bisa diakses oleh supir, perusahaan pemilik angkot, juga masyarakat calon penumpang sehingga terpantau di mana saja angkot tersebut mengambil rute atau titik berhenti tempat penumpang naik. 
 
Di samping itu, dengan adanya aplikasi, Dishub berencana mengatur jalur angkot dengan sistem zonasi sehingga masyarakat yang biasanya tidak dalam jangkauan angkot kedepan bisa lebih mudah mengaksesnya. 
 
"Nanti ada zona per kecamatanan, jadi angkot itu bisa bergerak penuh di titik kecamatan. Jadi istilahnya angkutan kota tidak dalam trayek walaupun aturan induknya di kementerian masih dipelajari," ujar Fatikhun. 
 
Fatikhun menambahkan, pihaknya saat ini masih dalam tahap kajian dan sosialisasi kepada perusahaan-perusahaan angkot terkait rencana ini, sambil merumuskan aplikasi angkot berbasis daring. 
 
Kendati demikian, pihaknya sudah menggelar sejumlah rapat dengan pihak ketiga guna uji coba penerapan angkot daring dengan mengambil Kecamatan Rawalumbu dan Bekasi Timur sebagai rutenya. **
Reporter : Warso Sunaryo
Editor :
- Dilihat 2265 Kali
Berita Terkait

0 Comments