Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 06/02/2019 12:04 WIB

Lindungi Hak Anak, Peka Terhadap Sekitar

Bincang Publik bersama KPAD Kota Bekasi
Bincang Publik bersama KPAD Kota Bekasi
BEKASI, DAKTA.COM - Seorang anak adalah anugerah yang Allah SWT berikan, hak bagi setiap anak haruslah dipenuhi serta dijamin oleh orang tua, keluarga, masyarakat, dan negara.
 
Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Kota Bekasi menyampaikan bahwa hak anak adalah untuk memastikan bahwa setiap anak memiliki kesempatan untuk mencapai potensi mereka secara penuh.
 
Komisioner Pengembangan Data dan Informasi KPAD Kota Bekasi, Nurfajriah mengatakan hak anak itu meliputi akses pendidikan, kesehatan, politik, ekonomi, sosial, dan budaya.
 
"Hak terhadap anak itu artinya anak dapat hidup tanpa diskriminasi di lingkungannya dan berpartisipasi secara aktif di masyarakat," katanya dalam Bincang Publik di Radio Dakta, Sabtu (26/1).
 
Menurutnya, bicara soal hak anak harus melibatkan seluruh stakeholder terkait untuk membantu Bekasi menjadi kota layak anak.
 
"Layak anak itu meliputi hak dia bersekolah, hak berpendapat, hak mendapat rasa aman, dan lainnya," ujarnya.
 
Untuk itu, ia mendorong kepada siapapun agar mengadukan jika ditemukan adanya kasus diskriminasi terhadap anak. 
 
Karena saat ini masih terjadi pembiaran dari sebagian orang yang tidak mau melapor jika terjadi kasus pencabulan, kekerasan seksual atau fisik, dan diskriminasi terhadap anak.
 
"Mereka masih beranggapan malu karena itu merupakan aib. Padahal korban itu membutuhkan penanganan dan rehabilitasi secepatnya," imbuhnya.
 
Sementara itu, Anggota Pengembangan Data dan Informasi KPAD Kota Bekasi, Yoga Lazuardi menyampaikan bahwa sepanjang tahun 2018 pengaduan masyarakat terkait kasus anak di Kota Bekasi hanya 78 kasus, artinya menurun jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 
 
"Kasus anak di kota Bekasi menurun, karena KPAD selalu memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat bahwa setiap anak berbeda dalam mendidiknya. Sehingga kesadaran masyarakat akan hal itu semakin tahu," katanya.
 
Untuk itu pihaknya berkomitmen untuk melindungi dan memenuhi hak-hak anak di Kota Bekasi dengan mewujudkan kota layak anak. **
Editor : Asiyah Afifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1059 Kali
Berita Terkait

0 Comments