Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Senin, 04/02/2019 09:56 WIB

Tingkatkan Produktivitas Padi, Pemkab Dorong Gunakan Bibit Inpari 32

Ilustrasi benih padi unggul
Ilustrasi benih padi unggul
CIKARANG, DAKTA.COM - Pemerintah Kabupaten Bekasi mendorong petani untuk menggunakan benih bibit padi varietas unggul jenis inpari 32 agar hasil tanam meningkat.
 
Kadis Pertanian Kabupaten Bekasi, Abdulah Karim mengatakan biasanya hasil tanam dalam dua kali musim panen pertahun mencapai 12 ton beras per hektare, artinya dalam satu kali musim panen padi mencapai 6 ton per hektare.
 
"Minimnya lahan pertanian karena beralih fungsi menjadi perumahan dan industri berimbas pada menurunnya produksi padi, oleh karena itu dibutuhkan peningkatan produksi melalui bibit padi," katanya kepada Dakta di Cikarang, Senin (4/1). 
 
Saat ini, pihaknya mengarahkan petani untuk menggunakan bibit inpari 32, bibit itu bisa digunakan untuk persawahan yang airnya asin seperti di Kecamatan Muara Gembong, bahkan produksi padi bisa meningkat lebih dari 1 ton dari biasanya, jika biasanya 6 ton, bibit itu bisa menghasilkan 7 ton.
 
"Selain bisa meningkatkan produksi padi, varietas unggul impari 32 lebih tahan terhadap hama wereng, yang menjadi musuh petani dalam menanam padi," ungkap Abdulah Karim.
 
Sementara terkait dengan jumlah produksi padi di kabupaten bekasi, angkanya setiap tahun mampu menghasilkan sebanyak 576 ribu ton gabah dari 48 ribu hektar lahan pertanian. **
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 2371 Kali
Berita Terkait

0 Comments