Nasional / Ekonomi /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 01/02/2019 11:33 WIB

Pemkab Bekasi Klaim Mampu Penuhi Kebutuhan Beras

Petani panen padi
Petani panen padi
CIKARANG, DAKTA.COM - Pemerintah Kabupaten Bekasi menyebut masih bisa memenuhi kebutuhan beras bagi warganya karena setiap tahun mampu menghasilkan sebanyak 576 ribu ton gabah.
 
Kadis Pertanian Kabupaten Bekasi, Abdulah Karim mengatakan luas lahan sawah di Kabupaten Bekasi mencapai 48 ribu hektare, 1 hektare dapat menghasilkan 6 ton.
 
"Setiap tahunnya ada dua kali musim panen sehingga setiap tahun satu hektare lahan bisa menghasilkan 12 ton," ujarnya di Cikarang, Jumat (1/2).
 
Untuk kebutuhan beras masyarakat, setiap tahun rata-rata konsumsi satu orang warga mencapai 114 kilogram, jumlah itu dikali jumlah penduduk yang mencapai 3 juta orang, maka kebutuhan beras selama setahun mencapai 342 ribu ton.
 
"Artinya jumlah beras yang dihasilkan dari lahan persawahan di Kabupaten Bekasi mampu memenuhi kebutuhan pangan selama setahun warganya," ucapnya.
 
Abdulah Karim menambahkan, hasil pertanian padi yang dihasilkan dari persawahan di Kabupaten Bekasi juga dikirimkan ke wilayah lain, hal ini mengingat Kabupaten Bekasi sudah mampu memenuhi kebutuhan berasnya bagi masyarakat.
 
Pihaknya juga optimis, meski lahan pertanian terus menyusut akibat berkembangnya industri dan perumahan, tetapi masih mampu swasembada beras, apalagi raperda lahan pertanian akan segera dibahas oleh pemerintah daerah dan DPRD sehingga mampu melindungi lahan pertanian itu agar tidak beralih fungsi. **
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 1021 Kali
Berita Terkait

0 Comments