Nasional / Lingkungan Hidup /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 01/02/2019 10:48 WIB

DLH DKI Jakarta: Galakkan Edukasi Budaya Bersih

Pria buang sampah saat petugas bersihkan kali (Instagram UPK Badan Air DLH DKI)
Pria buang sampah saat petugas bersihkan kali (Instagram UPK Badan Air DLH DKI)
JAKARTA, DAKTA.COM - Seorang pria tertangkap kamera dan viral ketika sedang membuang sampah di Kali Krukut, RT 014 RW 004, Kampung Bali, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Rabu (30/1/2019) saat petugas UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup (DLH) membersihkan sungai.
 
Pada foto tersebut, tampak seorang pria berkaus hijau menuangkan sampah dari ember ke kali, padahal ada seorang petugas UPK Badan Air yang sedang bekerja. Foto tersebut diambil oleh salah seorang tim media sosial UPK Badan Air DLH DKI bernama Aris. 
 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Aji mengatakan, akibat ulah pria tersebut, DLH DKI Jakarta langsung menindak dan memberikan sanksi kepadanya.
 
"Pria yang bersangkutan dikenakan uang denda Rp300 ribu dan sudah berjanji untuk tidak melakukannya kembali," katanya saat dihubungi Radio Dakta, Jumat (1/2).
 
Ia menuturkan bahwa pihaknya seringkali memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan apalagi ke kali, karena dapat menyumbat saluran air dan dapat mengakibatkan banjir.
 
"Petugas kita selalu memantau misalnya di acara car free day. Selama seminggu kami bisa menerima denda dari Rp500.000 hingga Rp1.700.000, kalau dari mereka yang tidak mempunyai uang, kita suruh bernyanyi atau mengikuti gerakan memungut sampah. Saya juga selalu ingatkan kepada Petugas Pasukan Oranye untuk menegur masyarakat yang membuang sampah sembarang," jelasnya.
 
Kendati demikian, ia mengaku edukasi tersebut tidak seharusnya hanya dilakukan oleh dinasnya tetapi juga seluruh elemen baik RT/RW, tokoh agama, maupun warga agar sama-sama menjaga lingkungan.
 
"Walaupun memang untuk mengubah perilaku atau budaya bersih memerlukan waktu yang lama, tetapi tetap saja kita harus berusaha," ujarnya. **

 

Editor : Asiyah Afifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1364 Kali
Berita Terkait

0 Comments