Nasional / Ekonomi /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 31/01/2019 15:49 WIB

Menteri Perdagangan Dorong Perusahaan Baja Tinggakan Ekspor

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita melepasan ekspor produk ton baja  PT. Gunung Raja Paksi
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita melepasan ekspor produk ton baja PT. Gunung Raja Paksi
CIKARANG, DAKTA.COM - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mendorong perusahaan besi dan baja di Indonesia meningkatkan produksinya agar bisa di ekspor ke negara lain.
 
Hal itu dikatakannya, saat melakukan pelepasan ekspor produk 300 ton baja ke Srilanka dan 400 ton plat baja ke Australia hasil produksi PT. Gunung Raja Paksi di Cikarang Barat, Kamis (31/1).
 
Menurutnya, untuk ekspor besi dan baja Indonesia mengalami kenaikan yang cukup tajam dari dari USD 3,33 miliar pada 2017 menjadi USD 5,75 miliar pada 2018 atau naik 72,40 persen.
 
"Total ekspor Indonesia juga mengalami kenaikan dari USD 168,82 miliar pada 2017 menjadi USD 180,06 miliar atau 6,65 persen, sedangkan eskpor non migas mencapai USD 162 miliar atau naik 6,25 persen," ujarnya.
 
Ia menyebut, besi dan baja merupakan komoditas yang sangat penting bagi pembangunan suatu bangsa. Besi dan baja merupakan bahan yang dipakai dalam berbagai industri karena sifat-sifatnya yang bervariasi dan fleksibel, mulai dari industri kontruksi dan bangunan, otomotif sampai dengan peralatan dapur dan rumah tangga.
 
Dalam mendukung ekspor perusahaan itu, pihaknya melakukan pengamanan perdagangan baik di dalam negeri dan luar negeri serta memfasilitasi perdagangan melalui kebijakan penyederhanaan perizinan perdagangan, pembinaan produk, dan SDM ekspor.
 
Sementara itu, CEO PT. Gunung Raja Paksi, Alouisius Maseimilian mengatakan perusahaannya optimis dapat meningkatkan produksi yang didukung akan beroperasinya fasilitas blost furnace di semester kedua 2019.
 
"Dengan adanya fasilitas ini, perusahaan memiliki kemampuan meningkatkan kapasitas produksi bahan baku utama berupa slab yang dihasilkan dari penyerapan sumber biji lokal dan mengurangi biaya produksi," ucapnya.
 
PT. Gunung Raja Paksi merupakan perusahaan yang tergabung kedalam Gunung Steel Group, perusahaan itu memiliki jumlah karyawan lebih dari 5000 orang dengan kapasitas produksi 2,8 juta ton pertahun. **
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 1207 Kali
Berita Terkait

0 Comments