Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 31/01/2019 09:34 WIB

Wabah DBD, Anies Minta Warga Kooperatif

Fogging nyamuk
Fogging nyamuk
JAKARTA, DAKTA.COM - Wabah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) melanda di beberapa wilayah ibukota. Atas hal ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah memerintahkan para jumantik melakukan pemeriksaan ke seluruh rumah terkait wabah DBD. 
 
"Berdasarkan data per tanggal 28 Januari lalu, ada sebanyak 686 kasus DBD. Kita sekarang menggerakkan seluruh komponen untuk menjangkau rumah-rumah untuk melakukan pemeriksaan," ungkap Anies pada Kamis (31/1).
 
Maka dari itu ia mengimbau agar masyarakat DKI Jakarta bertindak kooperatif dengan memberikan izin kepada para aparatur mereka untuk memeriksa seluruh sudut rumahnya. 
 
"Keluhan yang dialami oleh aparatur kita, banyak rumah-rumah yang tidak bisa diperiksa, pagarnya tinggi, diketok juga tidak diizinkan masuk. Sementara nyamuk itu lewat tidak perlu lewat pintu, dia bisa terbang kemana saja," ungkapnya. 
 
Selain rumah-rumah warga, Anies juga memerintahkan para jumantik melakukan pemeriksaan di sekolah karena mayoritas korban adalah usia remaja yang terkena penyakit DBD di saat jam sekolah.
 
"Dan yang tidak kalah penting sekolah-sekolah, mayoritas yang terkena mayoritas usia 13-15 tahun, ini adalah usia yang ketika terkena mereka berada di sekolah," tutupnya. 
 
Berdasarkan data dari Dinkes DKI Jakarta, terdapat lima kecamatan dengan tingkat kejadian tertinggi di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur. 
 
Jagakarsa tercatat sebagai wilayah dengan kejadian tertinggi, dengan 19,27 incident rate (IR), disusul Kalideres (16,94 IR), Kebayoran Baru (16,54 IR), Pasar Rebo (13,93 IR), dan Cipayung (13,57 IR). **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 1643 Kali
Berita Terkait

0 Comments