Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 30/01/2019 11:59 WIB

Ini Dia 7 Cara Hindari Sakit Tenggorokan

Ilustrasi Penyakit Tenggorokan
Ilustrasi Penyakit Tenggorokan
JAKARTA, DAKTA.COM - Peralihan musim membuat daya tahan tubuh menjadi tak menentu. Salah satu gangguan kesehatan umum yang kerap menjangkit adalah radang tenggorokan. Berikut sejumlah cara sederhana untuk menghindarinya, seperti dikutip dari laman The Guardian.
 
1. Istirahatkan tubuh dan suara
 
Umumnya, radang tenggorokan sembuh dengan sendirinya dalam waktu sepekan. Mengistirahatkan tubuh dan suara dengan tidur nyenyak dalam waktu yang cukup akan meredakan peradangan. Mengisap es batu, es loli, atau permen keras juga dapat membantu.
 
2. Minum obat yang dijual bebas
 
Jika Anda sudah merasa tidak nyaman, membeli obat yang dijual bebas dari apotek bisa dilakukan. Minum obat yang mengandung parasetamol atau ibuprofen. Semprotan anaestesi juga akan melegakan radang, mengurangi rasa sakit serta kesulitan menelan.
 
3. Lakukan gargle
 
Berkumur sampai rongga tenggorokan alias gargle dengan air garam adalah cara lain yang bisa dijajal. Larutkan setengah sendok teh garam dalam air matang dan gunakan untuk gargle. Cara ini bisa dilakukan oleh semua orang tapi sebaiknya tidak dilakukan anak-anak.
 
4. Jangan asal minum antibiotik
 
Sebagian besar sakit tenggorokan disebabkan virus, sehingga tidak mempan diobati dengan antibiotik. Bedanya, sakit tenggorokan karena virus disertai dengan gejala lain seperti pilek, batuk, mata merah atau berair, serta bersin-bersin. 
 
5. Waspadai pemicu radang
 
Merokok dapat memicu radang tenggorokan karena iritasi pipa saluran pernapasan. Ketika sistem terkena iritasi, tubuh mencoba menghilangkannya dengan batuk, yang menyebabkannya lebih meradang. Sejumlah pemicu lain yaitu polusi udara, alergi, dan perubahan suhu.
 
6. Tingkatkan sistem imun
 
Anda dapat mencegah radang tenggorokan dengan makan sehat dan seimbang serta menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain gaya hidup sehat, sistem imun bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi suplemen tertentu, seperti suplemen vitamin D.
 
7. Berkonsultasi dengan dokter
 
Jika dengan sederet cara tadi radang tenggorokan masih bertahan lebih dari sepekan dan semakin parah, disarankan untuk berobat ke dokter. Tenaga medis profesional akan memberikan cara penanganan tepat untuk mengantisipasi gangguan kesehatan itu.
 
Editor : Dakta Administrator
Sumber : Republika Online
- Dilihat 1362 Kali
Berita Terkait

0 Comments