Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Senin, 28/01/2019 14:22 WIB

Peralatan UNBK di SMPN 12 Tambun Selatan Belum Memadai

SMPN 12 Tambun Selatan melaksanakan simulasi UNBK
SMPN 12 Tambun Selatan melaksanakan simulasi UNBK
CIKARANG, DAKTA.COM - Seluruh sekolah menengah pertama (SMP) negeri dan swasta di wilayah Kabupaten Bekasi yang berjumlah 89 sekolah akan menggelar ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada 22-25 April 2019.
 
Persiapannya terus dilakukan dengan menggelar simulasi bagi siswa agar lancar dalam mengerjakan soal di komputer.
 
Sebanyak 365 siswa terbagi kedalam tiga shift dalam mengerjakan soal yang berlangsung selama empat hari diantaranya Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, dan Matematika.
 
Ketua Panitia Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), SMPN 12 Tambun Selatan, Anshori mengatakan simulasi ini dilakukan untuk membiasakan siswa mengerjakan soal melalui komputer dengan memasukan password, username login, dan sebagainya.
 
"Dalam pelaksanaannya masih banyak siswa yang belum paham, sehingga perlu dilakukan pendampingan oleh para guru," ujarnya kepada Dakta, Senin (28/1).
 
Terkait dengan peralatan juga masih belum mendukung, karena tidak ada komputer sama sekali di sekolah, oleh karena itu sekolah meminta bantuan dari wali murid untuk meminjamkan laptopnya saat simulasi maupun pelaksanaan UNBK nanti.
 
"Untuk server juga sudah disediakan oleh pemerintah daerah, tetapi peralatannya belum memadai," ucapnya. 
 
Anshori yang juga sebagai Wakasek bidang kesiswaan, berharap Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi mengalokasikan peralatan komputer di sekolah agar pelaksanaan UNBK tidak perlu lagi meminjam laptop dari wali murid.
 
"Sebenarnya, beberapa tahun lalu untuk alokasi komputer ke SMPN 12 Tambun Selatan sempat ingin diberikan sebanyak 100 unit, namun karena sekolah tidak memiliki laboratorium komputer maka dialihkan ke sekolah lain," jelasnya.
 
Meski tidak memiliki peralatan, ia mengaku proses UNBK di SMPN 12 Tambun Selatan tidak terkendala, karena sudah berjalan selama tiga tahun kebelakang. **
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 1398 Kali
Berita Terkait

0 Comments