Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 27/01/2019 11:30 WIB

RS di Gaza Krisis Listrik, BSMI Bantu 7.000 USD

Bantuan 7000 USD untuk bahan bakar generator listrik RS Syifa Gaza
Bantuan 7000 USD untuk bahan bakar generator listrik RS Syifa Gaza
JAKARTA, DAKTA.COM - Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) membantu 7.000 USD untuk pengadaan bahan bakar pembangkit listrik di RS Syifa, Gaza Palestina. Bantuan ini dititipkan kepada Direktur Jenderal Direktorat Kerjasama Internasional Kementerian Kesehatan Palestina Ashraf A. Abu Mhadi di Jakarta pada Kamis (24/1).
 
Ketua Umum BSMI Djazuli Ambari menerangkan saat ini musim dingin menerpa Gaza, sehingga rumah sakit memerlukan pasokan listrik yang cukup untuk penghangat.
 
"Sementara di Gaza krisis listrik, akses BBM untuk listrik dari Mesir dan Israel terbatas sekali. Kalau akses ditutup ya tidak ada listrik. Jadi pakai generator dan perlu stok bahan bakar," papar Djazuli di Jakarta.
 
Djazuli menyebut, saat musim dingin biasanya pasien anak di rumah sakit Gaza yang harus mendapat perhatian ekstra. Sebab, mereka memerlukan pemanas untuk bisa terus bertahan di musim dingin. 
 
"Kalau listrik terus mati peralatan medis di rumah sakit juga akan cepat rusak sehingga pelayanan kesehatan warga Gaza bisa terganggu," ujar dia.
 
Pada musim dingin ini, selain bantuan generator listrik RS Syifa juga sudah menipis persediaan obat-obatan. Selain itu bantuan selimut juga dibutuhkan untuk warga Gaza. 
 
"Bantuan makanan sudah kita salurkan sementara yang kesehatan terus kita usahakan penuhi," papar  Djazuli.
 
Selain memberikan bantuan langsung ke Palestina, BSMI juga memberikan beasiswa bagi warga Gaza untuk belajar kedokteran di Indonesia. 
 
"Ada enam orang, dua sudah lulus dari spesialis anastesi dan kembali ke Gaza, satu PhD juga akan segera kembali ke Gaza. Sementara empat orang masing menempuh pendidikan di Indonesia," urainya. **
Editor : Asiyah Afifah
Sumber : Rilis BSMI
- Dilihat 1005 Kali
Berita Terkait

0 Comments