Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 25/01/2019 15:06 WIB

Sering Terpapar Suara Bising, Waspada Radang Telinga!

Bincang Sehat bersama Dokter Spesialis THT dr. Hazrul Luthfi Hamid dari RS Citra Harapan
Bincang Sehat bersama Dokter Spesialis THT dr. Hazrul Luthfi Hamid dari RS Citra Harapan
BEKASI, DAKTA.COM - Rasa gatal di telinga umumnya disebabkan karena kotoran yang melekat di rongga bagian luar, tengah, serta dalam telinga.
 
Namun, jika telinga sudah terasa berdenging ataupun nyeri, kemungkinan itu merupakan gejala radang telinga atau otitis. Radang telinga adalah peradangan yang terjadi pada bagian telinga luar (otitis external) telinga tengah (otitis media), dan telinga dalam. 
 
Menurut Dokter Spesialis Telinga, Hidung, dan Tenggorokan (THT) dari Rumah Sakit Citra Harapan, dr. Hazrul Lutfi Hamid, Sp.THT., bahwa salah satu penyebab dari radang telinga, yaitu karena terpapar suara bising secara langsung.
 
"Sering terpapar frekuensi dengan nada tinggi bisa mempercepat penurunan pendengaran. Misalnya orang yang sering menggunakan headset," ucapnya dalam Bincang Sehat di Radio Dakta, Jumat (25/1).
 
Ia menyampaikan, peradangan pada telinga seringkali juga akibat infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan dan gangguan pernapasan karena adanya bakteri atau jamur yang berkembang.
 
Untuk menghindari radang telinga, ia menjelaskan harus menjaga pola hidup sehat dan bersih dengan membiasakan mencuci tangan sebelum makan dan setelah buang air.
 
"Kemudian lebih baik menghidari kebiasaan mengorek kuping dengan cotton buds karena malah mendorong kotoran masuk lebih dalam ke telinga dan bisa melukai gendang telinga, sehingga menyebabkan radang. Lebih baik bersihkan bagian daun telinga," jelasnya.
 
Kotoran telinga pada dasarnya dapat keluar sendiri dengan bantuan bulu-bulu halus yang secara alami tumbuh di dalam telinga. Jika kotoran telinga mengeras dan tidak dapat keluar, sebaiknya meminta bantuan dokter spesialis THT ke rumah sakit atau klinik.
 
Rumah Sakit Citra Harapan beralamat di Ruko Sentra Niaga, Jl. Harapan Indah Raya, Pejuang, Medan Satria, Kota Bekasi. Telepon (021) 88870606. Website www.citraharapan.com **
Editor : Asiyah Afifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1241 Kali
Berita Terkait

0 Comments