Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 25/01/2019 13:58 WIB

Jokowi Serahkan 204 Sertifikat Tanah Wakaf di Bekasi

Presiden Jokowi menyerahkan sertifikat tanah di Bekasi
Presiden Jokowi menyerahkan sertifikat tanah di Bekasi
BEKASI, DAKTA.COM - Presiden Joko Widodo menyerahkan sertifikat tanah wakaf masjid, mushola, dan pesantren sebanyak 204 buah untuk masyarakat. Penyerahan sertifikat dilakukan secara simbolis selepas ibadah Salat Jumat di Masjid Al-Barkah, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jumat (25/1/). 
 
Presiden Jokowi mengatakan sertifikat-sertifikat tanah yang diserahkan itu merupakan bagian dari program percepatan dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang maupun Badan Pertanahan Nasional (BPN).
 
Adapun 204 sertifikat tanah yang diserahkan diperuntukkan bagi masyarakat Jawa Barat lintas daerah. Kebanyakan sertifikat merupakan sertifikat tanah tempat berdiri suatu bangunan, misalnya masjid, musala, dan fasilitas pendidikan. 
 
"Kenapa harus dipercepat sertifikasi tanah ini, karena setiap saya ke kampung-kampung dan desa-desa sering terdengar sengketa lahan atau tanah," ujar Jokowi usai serah terima sertifikat tanah secara simbolis yang diwakili salah satu warga.
 
Menurut Jokowi, sengketa lahan merupakan hal krusial yang dihadapi banyak masyarakat. Dia mencontohkan satu kasus, terdapat suatu masjid besar di Jakarta. Masjid tersebut sudah lama berdiri, tetapi karena tidak memiliki sertifikat kemudian digugat. 
 
"Mungkin dulu masih murah tanahnya, tetapi mulai jadi ramai (atau yang menggugat) setelah harga tanahnya sudah mulai mahal karena sertifikatnya tidak ada," katanya. 
 
Dia menjelaskan, BPN bekerja sama dengan kantor pertanahan di setiap daerah gencar melakukan sertifikasi ini. Dia menjamin, masyarakat dengan mengantongi sertifikat tanah aman dari permasalahan sengketa. 
 
"Alhamdulillah hari sudah selesai, patut kita syukuri. Terimakasih semua pihak yang bekerja keras. Semoga dengan sertifikat yang sudah dipegang tidak ada lagi sengketa lahan," tandasnya. **
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1313 Kali
Berita Terkait

0 Comments