Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 25/01/2019 09:59 WIB

Fogging Bukan Solusi Cegah DBD

Fogging nyamuk
Fogging nyamuk
CIKARANG, DAKTA.COM - Musim penghujan menjadi kondisi rawan penyebaran penyakit, salah satunya timbulnya penyakit demam berdarah dengue (BDB), untuk mencegah terjadinya kasus DBD, Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi melakukan langkah pencegahan dengan membuat surat edaran ke puskesmas agar memberikan sosialisasi ke masyarakat.
 
Kabid Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Kabupaten Bekasi, dr. Irfan Maulana mengatakan sejauh ini belum ada laporan masyarakat yang terjangkit penyakit dari nyamuk aides agepty tersebut.
 
Meski begitu, langkah pencegahan terus dilakukan agar masyarakat mewaspadai penyakit dengan cara melakukan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) dan 4M (Mengubur, Menutup, Menguras, dan Memantau).
 
"PSN bisa dilakukan dengan cara memberikan larvasida pada tempat penampungan air, memeriksa tempat yang dapat menampung air, juga memperbaiki saluran dan talang air yang tidak lancar," ucapnya di Cikarang, Jumat (25/1).
 
Menurutnya, masih banyak masyarakat yang keliru dan memilih fogging sebagai cara mencegah terjadinya DBD, fogging sendiri hanya untuk memberantas nyamuk dewasa, itupun harus ada KDRS (Kewaspadaan Dini Rumah Sakit). 
 
"Setelah ada KDRS baru melaksanakan PE (Penyelidikan Epidemiologi), untuk memastikan apakah benar di daerah tersebut endemis DBD," ujarnya.
 
Irfan menambahkan, di setiap Rukun Tetangga (RT) juga diberdayakan relawan dan juru pemantau jentik untuk memantau kondisi bak penampungan air milik warga apakah terdapat jentik nyamuk atau tidak.
 
"Kami megimbau masyarakat untuk melakukan prilaku hidup bersih dan sehat, sehingga dapat berkontribusi pada pencegahan penyakit DBD," tutupnya. **
 
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 1371 Kali
Berita Terkait

0 Comments