Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 19/01/2019 12:01 WIB

Tauhid, Salah Satu Kunci Peradaban Islam

Seminar dan Bedah Buku Era Peradaban Baru karya Dr Abdul Mannan MM
Seminar dan Bedah Buku Era Peradaban Baru karya Dr Abdul Mannan MM
BEKASI, DAKTA.COM - Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Hidayatullah Jabodebek IV sukses menggelar Seminar dan Bedah Buku "Era Peradaban Baru" pada Sabtu (19/1), di Aula KH. Noer Ali Lantai 2, Islamic Centre Bekasi. Terbukti dari antusiasme para hadirin yang tidak beranjak dari kursinya hingga akhir acara.
 
Bahasan menarik mengenai peradaban Islam ini memang menyasar kepada tantangan globalisasi dan agresivitas sosial yang menggeliat tanpa kaidah Islam. Ini juga yang membuat para hadirin penasaran mengenai senjata apa yang tepat untuk membangun peradaban Islam.
 
"Manhaj awal sebagai syarat mutlak membangun peradaban Islam adalah dengan membumikan shalat tahajud. Kemudian berjamaah dalam membangun khilafah tanpa mengindahkan masalah furu'iyyah," ujar Rektor Unisma Bekasi, Dr. Nandang Najmulmunir, MA.
 
Nandang menegaskan bahwa inti sumber peradaban adalah kalimat tauhid sebagai implementasi sila pertama Pancasila. Selanjutnya implementasi sila kedua hingga kelima akan lebih mudah dilakukan karena tauhid sudah mengakar dalam diri masing-masing.
 
Hal ini juga diamini oleh Ustadz Ahmad Salimin Dani, MA., selaku Ketua Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) Kota Bekasi yang mengatakan bahwa ada konsep tasamuh (toleransi) yang terlihat dari kerukunan jamaahnya ketika ingin menilai seperti apa peradaban yang ideal.
 
"Jangan menilai peradaban itu hanya dari pembangunan fisik saja. Karena pembangunan fisik bisa dipindahkan oleh Allah dan tidak abadi. Berbeda dengan peradaban Islam yang bisa dibanggakan karena berasal dari tauhid atau akidah. Bisa juga ditandai dengan pembangunan masjid agar peradaban Islam tidak punah," pungkas Ustad Salimin Dani.** [TYS]
Editor : Dakta Administrator
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 3147 Kali
Berita Terkait

0 Comments