Pemilu 2019 /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 16/01/2019 13:21 WIB

Dorong Partisipasi Pemilih, KPU Kabupaten Bekasi Rekrut Relasi

KPU Kabupaten Bekasi merekrut Relawan Demokrasi untuk menjadi mitra
KPU Kabupaten Bekasi merekrut Relawan Demokrasi untuk menjadi mitra
BEKASI, DAKTA.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi merekrut Relawan Demokrasi (Relasi) untuk menjadi mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis komunitas.
 
Ketua Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Bekasi, Arief Noorman Nasir mengatakan, relawan demokrasi adalah gerakan sosial yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih.
 
“Kami mengajak masyarakat untuk menjadi relawan demokrasi untuk mendorong partisipasi pemilih pada Pemilu serentak 2019,“ tegasnya.
 
Relawan Demokarasi terbuka bagi warga masyarakat yang telah berusia 17 tahun dengan menyasar sepuluh basis pemilih, yaitu basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, kaum perempuan, penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, pemilih marginal, basis komunitas, basis keagamaan, dan basis warga internet (netizen).
 
Arief menjelaskan, para relawan nantinya akan mendapatkan pelatihan meliputi pentingnya demokrasi, pemilu dan partisipasi, teknis tahapan pemilu, kode etik relawan, serta metode komunikasi publik.
 
“Sebanyak 55 orang Relasi akan menjalankan tugas menyosialisasikan Pemilu, seperti waktu pemungutan suara, tata cara pemberian suara, pengenalan peserta Pemilu baik Pilpres maupun Pileg,“ jelasnya.
 
Sementara Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan, Wahab Habieby berharap agar para relawan demokrasi bisa menjadi pioneer dilingkungannya untuk memberikan pemahaman tentang aturan yang berlaku dalam pemilu serentak.
 
“Jika pemilih paham terhadap aturan yang ada maka mereka bisa menggunakan hak suaranya dengan cerdas dan bertanggungjawab, karena esensi Pemilu adalah kedaulatan rakyat,“ tegasnya.
 
Ia mencontohkan, tantangan yang selalu muncul dalam setiap Pemilu antara lain adalah godaan politik uang dan golput karena sikap apatisme politik, sehingga harus menjadi perhatian semua pihak untuk mengatasinya.
 
“Kami yakin warga Kabupaten Bekasi sudah semakin cerdas dan bijak, sehingga mereka bisa menentukan pilihan dengan lebih rasional,“ harapnya.
 
KPU Kabupaten Bekasi mengajak semua pihak untuk berperan aktif agar bisa memenuhi target partisipasi pemilih sebesar 77,5 persen, meskipun pada Pilgub lalu partisipasi pemilih baru mencapai 63 persen. **
 
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1088 Kali
Berita Terkait

0 Comments