Nasional / Ekonomi /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 16/01/2019 08:57 WIB

Marak Ritel Besar Tutup Akibat Tergerus Mini Market

PT Matahari Department Store Tbk menutup gerai
PT Matahari Department Store Tbk menutup gerai
JAKARTA, DAKTA.COM - Fenomena maraknya penutupan ritel besar menjadi sorotan belakangan ini. Baru-baru ini, PT Hero Supermarket Tbk (Hero) menutup sebanyak 26 tokonya dan sebanyak 532 karyawan yang mengalami pemutusan hubungan kerja alias PHK.
 
Ketua Umum Masyarakat Ritel, Wan Muhammad mengatakan, ada beberapa faktor penyebab tutupnya ritel besar atau super market, yaitu karena dipengaruhi era digital yang banyak orang beralih ke e-commerce atau toko online.
 
"Tetapi itu tidak dominan karena hanya dua persen. Pengaruh lainnya karena daya beli masyarakat menurun," katanya kepada Dakta, Rabu (16/1).
 
Menurutnya, dari kedua faktor itu, yang paling berpengaruh terhadap penutupan super market karena persaingan dengan mini market modern yang berkembang pesat.
 
"Secara omset, super market tergerus oleh mini market. Saat ini ritel modern sudah mencapai lebih dari 30 ribu toko di Indonesia," ucapnya.
 
Ia menyampaikan, seharusnya super market mengubah konsep model bisnis, sehingga bisa beradaptasi dengan tantangan.
 
"Mau tidak mau mereka harus mengubah konsep bagaimana menarik orang supaya datang, seperti ada wisata, restoran, bioskop. Jangan hanya mengandalkan toko-toko saja," jelasnya. **

 

Editor : Asiyah Afifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 875 Kali
Berita Terkait

0 Comments