Nasional / Lingkungan Hidup /
Follow daktacom Like Like
Senin, 14/01/2019 12:53 WIB

DLH Siagakan Petugas Kebersihan di Kali Pisang Batu

Kali Pisang Batu sudah mulai terlihat bersih
Kali Pisang Batu sudah mulai terlihat bersih
CIKARANG, DAKTA.COM - Kali Pisang Batu yang mengaliri enam desa di Tarumajaya diantaranya Desa Setia Asih, Desa Pusaka Rakyat, Desa Pahlawan Setia, Desa Setia Mulya, hingga ke Samudra Jaya dan Pantai Makmur.
 
Kondisinya beberapa waktu lalu dipenuhi sampah dan eceng gondok, Dinas Lingkungan Hidup melakukan pengangkatan sampah, hingga akhirnya hanya tersisa beberapa ton saja.
 
Setelah dibersihkan, Pemerintah Kabupaten Bekasi melakukan upaya agar sampah itu tidak menumpuk kembali, diantaranya memasang jaring di perbatasan kota dan kabupaten Bekasi serta menyiagakan petugas pengangkut sampah.
 
Kabid Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Dodi Agus Supriyanto mengatakan pihaknya akan menempatkan satu petugas kebersihan khusus untuk memantau Kali Pisang Batu.
 
"Langkah itu dilakukan agar tumpukan sampah di Kali Pisang Batu Tarumajaya tidak terulang lagi. Petugas khusus itu akan bekerja di bawah naungan desa yang dilintasi aliran Kali Pisang Batu," terangnya di Cikarang, Senin (14/1).
 
Tugas utama petugas kebersihan itu tidak lain melakukan pembersihan dini sampah-sampah yang mulai terlihat di Kali Pisang Batu agar tidak menumpuk di hilir.
 
"Kehadiran petugas kebersihan juga diharapkan dapat membuat warga yang tinggal di bantara kali dan warga Tarumajaya pada umumnya sama-sama menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah ke kali," ucapnya.
 
Dodi menambahkan, selain menyiagakan petugas, masyarakat juga diarahkan untuk membuat pengelolaan sampah sehingga sampah bisa diolah dan menjadi nilai ekonomis.
 
Masyarakat juga diminta untuk tidak membuang sampah di kali dan nantinya bakal dikenakan sanksi melalui peraturan desa (perdes). **
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 1344 Kali
Berita Terkait

0 Comments