Pemilu 2019 /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 11/01/2019 14:56 WIB

Beda Sikap, Bawaslu Terkesan Tidak Netral

Peneliti Politik LIPI Siti Zuhro
Peneliti Politik LIPI Siti Zuhro
JAKARTA, DAKTA.COM - Peneliti Politik LIPI Siti Zuhro menyayangkan sikap Bawaslu yang terkesan berbeda dalam menangani kasus kepala daerah mendukung pasangan calon Pilpres 2019. 
 
Wanita yang akrab disapa Wiwik ini mempertanyakan mengapa Bawaslu hanya memeriksa Anies Baswedan karena menghadiri acara Gerindra dan mengacungkan salam dua jari. 
 
"Padahal seperti kita ketahui ada juga sejumlah kepala daerah yang secara terang-terangan menyatakan dukungan kepada paslon petahana, mestinya sikap Bawaslu juga sama terhadap mereka," ungkap Wiwik di Jakarta pada Jumat (11/1).
 
Wiwik mengatakan, hal ini akan menjadi buruk bagi pembelajaran politik masyarakat karena adanya kesan berat sebelah untuk melindungi pendukung paslon tertentu. 
 
"Maka dari itu Bawaslu perlu segera memberikan penjelasan agar sinkron dengan penjelasan dari Mendagri bahwa kepala daerah diizinkan dengan syarat mengajukan cuti," tutupnya. 
 
Beberapa waktu lalu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diperiksa oleh Bawaslu Kabupaten Bogor karena mengacungkan pose dua jari dalam acara Konferensi Nasional Partai Gerindra. 
 
Anies dianggap berpihak kepada salah satu paslon yang akan bertarung pada Pilpres 2019 dan tidak mencerminkan netralitas seorang kepala daerah. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 217 Kali
Berita Terkait

0 Comments