Jelang Pilpres 2019 /
Follow daktacom Like Like
Senin, 07/01/2019 13:48 WIB

Pihak Prabowo-Sandi Nilai Debat Pilpres Kehilangan Esensinya

Jubir BPN Prabowo Sandi Andre Rosiade
Jubir BPN Prabowo Sandi Andre Rosiade
JAKARTA, DAKTA.COM - Jubir BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade menilai pembocoran pertanyaan debat Pilpres 2019 mengurangi esensi dari pelaksanaan acara debat. 
 
Andre menyatakan, dengan adanya bocoran soal yang akan dipertanyakan kepada pasangan calon sebelum acara debat, maka hal ini dapat dimanfaatkan mereka untuk berunding bersama dengan timses mereka. 
 
"Ini menjadi mengurangi esensi dari acara debat itu sendiri, karena publik tidak mendapatkan jawaban orisinil dari isi kepalanya paslon itu, bisa saja jawabannya justru dari timses mereka," ungkap Andre saat dihubungi Dakta pada Senin (7/1).
 
Maka dari itu, Andre menyayangkan apabila soal yang akan dipertanyakan dalam acara debat Pilpres dikirimkan terlebih dahulu oleh KPU meskipun mereka tidak membocorkan soal mana saja yang akan digunakan saat acara debat.
 
"Kalau dari kami ini sangat disayangkan, karena publik kan justru ingin membedah program-program yang akan dipaparkan oleh paslon," tutupnya. 
 
Sebelumnya KPU RI memutuskan daftar pertanyaan akan diberitahukan ke pasangan Capres-Cawapres, sebelum debat perdana Pilpres 2019. 
 
Hal ini tidak hanya mendapatkan protes dari BPN Prabowo-Sandi, tetapi juga kritik keras dari mantan Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay, ia menyebut KPU di masa sebelumnya tidak pernah memberikan usulan pertanyaan diberitahu sebelum debat. 
 
Sebab, pemilih tidak bisa membedakan kelebihan dan kekurangan capres-cawapres bila pertanyaan debat sudah diberitahu sebelumnya. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 205 Kali
Berita Terkait

0 Comments