Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 27/12/2018 09:45 WIB

BNPB: Masyarakat Butuh Peningkatan Pengetahuan Tentang Mitigasi

Bangunan rusak akibat bencana yang menerjang
Bangunan rusak akibat bencana yang menerjang
JAKARTA, DAKTA.COM - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengaku perlu adanya peningkatkan pengetahuan masyarakat tentang mitigasi bencana karena banyak daerah di Indonesia rawan bencana. 
 
Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan, budaya masyarakat sadar bencana masih minim. Padahal selama ini, masyarakat hidup berdampingan dengan potensi bencana. 
 
"Tetapi tidak ada upaya maksimal mengurangi potensi bencananya," ucapnya dalam dalam konferensi pers, Selasa (25/12).
 
Saat ini, BNPB mengklaim Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) mengenai hal itu sudah disiapkan. Permendikbud itu masih dibicarakan dengan Kemendikbud soal mekanisme pelaksanaannya. 
 
"Rencana materinya menyangkut pendidikan kebencanaan termasuk mempersiapkan diri sebelum, ketika, dan sesudah bencana. Nanti masuk ke pelajaran yang sudah ada," katannya.
 
Selain rencana tersebut, Sutopo menyebut BNPB sudah lama mengadakan program sekolah sadar bencana. Tetapi belum semua sekolah mendapatkannya. 
 
"Kami ada program sekolah aman bencana. Tapi fokus gempa saja antisipasinya dan belum cover semua sekolah," ujarnya.
 
Menurut Sutopo, menumbuhkan budaya sadar bencana bukan perkara mudah karena butuh waktu puluhan tahun. Bahkan ia mengklaim Jepang punya budaya sadar bencana sejak ribuan tahun. Hasilnya, pembangunan di Jepang sudah menyesesuaikan potensi bencana.  **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 548 Kali
Berita Terkait

0 Comments