Nasional /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 26/12/2018 14:53 WIB

H+4, Jumlah Korban Jiwa Tsunami 430 Orang, 159 Dinyatakan Hilang

Konferensi pers Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwonugroho
Konferensi pers Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwonugroho
JAKARTA, DAKTA.COM - Hingga hari keempat pasca bencana tsunami di kawasan Banten dan Lampung, BNPB merilis data baru jumlah korban. Sebanyak 430 orang meninggal dunia, 1.495 luka-luka, 159 hilang, dan lebih dari 21.000 warga mengungsi akibat bencana tersebut. 
 
Dalam konferensi persnya, Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwonugroho menyatakan jumlah tersebut masih akan terus berubah setiap harinya. 
 
"Tadi kami menerima kabar adanya penurunan data korban jiwa di Kabupaten Serang karena tercatat ganda. Dadah terdampak paling parah masih di Pandeglang yakni 290 orang tewas, 1.143 luka-luka, 77 orang hilang, dan 17.477 orang mengungsi," papar Sutopo pada Rabu (26/12).
 
Sutopo menyampaikan, distribusi bantuan logistik bagi para korban sudah mereka kerahkan melalui jalur darat, laut, dan udara dengan dibantu sejumlah pihak. 
 
"Jalur bantuan lewat darat masih mengalami kendala karena banyaknya jalanan rusak akibat terjangan gelombang tsunami dan kendala cuaca," ungkap Sutopo. 
 
Sutopo juga menjelaskan alat deteksi dini tsunami (Buoy) sejak tahun 2012 sudah mulai rusak sehingga menyulitkan BMKG untuk memastikan kenaikan gelombang laut akibat tsunami. 
 
"Masalah deteksi dini tsunami yang paling mendasar adalah komponen Mitigasi yang sangat kurang seperti alat dan jalur evakuasi," tutupnya. **
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1272 Kali
Berita Terkait

0 Comments