Nasional / Lingkungan Hidup /
Follow daktacom Like Like
Senin, 24/12/2018 19:34 WIB

Kecamatan Sumur Masih Terisolasi Akibat Tsunami

Wilayah yang rata dengan tanah akibat diterjang tsunami
Wilayah yang rata dengan tanah akibat diterjang tsunami

BANTEN, DAKTA.COM - Kecamatan Sumur di Pandeglang, Banten, masih terisolasi hingga Senin (24/12) siang, kawasan pesisir tersebut terdata sebagai salah satu daerah pesisir Selat Sunda yang turut terdampak tsunami cukup parah.

Koordinator Relawan Hilmi Banten, Ustadz Hambali mengatakan, Kecamatan Sumur merupakan wilayah terdampak sangat parah karena lokasinya jauh dari pusat kota dan dekat dari bibir pantai.

"Dibanding titik rawan lainnya seperti, Pantai Carita dan Tanjung Lesung, di sinilah yang sangat parah. Karena Wilayah paling jauh dari pusat kota," ungkapnya kepada Dakta, Senin (24/12).

 

Salah satu Posko FPI di tanjung Lesung


Kecamatan Sumur berjarak 80-90 kilometer ke arah barat dari Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung. Menurut informasi yang dihimpun, waktu tempuh normal yang diperlukan untuk sampai di Sumur sekitar 1,5 jam. Namun, karena sejumlah hambatan, waktu tiba ke daerah Sumur mencapai 3 jam.

"Sekitar 1.000 KK telah diungsikan kedaerah perbukitan lantaran takut tsunami susulan," katanya.

Adapun, dari pantauan Dakta, rumah-rumah di sana tampak jebol dan genting-genting berserakan. Kediaman penduduk dibiarkan tidak bertuan. Sekilas, beberapa tempat tampak seperti desa mati. **

Reporter : Jaenudin Ishaq
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 558 Kali
Berita Terkait

0 Comments