Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 21/12/2018 12:50 WIB

Libur Panjang, 85 ribu Kendaraan Prediksi Padati Jalur Tol Japek

GM jasamarga Japek, Raddy R. Lukman (tengah)
GM jasamarga Japek, Raddy R. Lukman (tengah)
BEKASI, DAKTA.COM - PT Jasa Marga memprediksi puncak arus mudik kendaraan jelang libur tahun baru di tol Jakarta Cikampek (Japek) mulai berlangsung pada Sabtu (22/12/) besok. Jumlah tersebut diprediksi akan mencapai sekitar 85 ribu kendaraan yang melintas di tol Japek.
 
“Angkanya meningkat sekitar 29 persen dari volume kendaraan diwaktu normal. Meski begitu, peningkatannya tidak akan sebesar arus mudik kendaraan saat libur lebaran yang mencapai 100 ribu,” kata GM Jasa Marga Tol Jakarta - Cikampek, Raddy R. Lukman dalam press conpres kepada awak media, Jumat (21/12) .
 
Menurutnya, Jasa Marga telah menyiapkan sejumlah strategi guna mengantisipasi kemacetan di jalur tol Japek, di antaranya; Pertama, mendistribusikan beban lalu lintas. kedua, melakukan optimalisasi kapasitas di lajur, gerbang dan Tempat Istirahat (TI) atau Tempat Istirahat Pelayanan (TIP). Ketiga, melakukan percepatan penanganan atau meminimalisir ganguan lalu lintas di sepanjang jalur.
 
“Ada beberapa strategi yang memang sudah pernah kita terapkan pada libur lebaran tahun kemarin, namun ada juga yang baru. Misalnya kita bikin sodetan di Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama. Jadi saat ini karena banyaknya pilar-pilar proyek yang mengakibatkan arusnya terlihat semerawut dan ada bottle neck (penyempitan lajur). Itu menyebabkan sejumlah Gardu tidak optimal. Nah pilar-pilar itu kita akan jebol biar tidak ada penyempitan dan lajur kendaraan teratur kembali,” papar Raddy.
 
Selain itu Jasa Marga juga menyiapkan petugas dititik-titik rawan macet untuk menangani dengan cepat masalah di lajur. 
 
"Sementara aturan ganjil-genap tetap berlaku selama masa libur natal, kecuali tanggal merah dan libur nasional," pungkas Raddy. **
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1273 Kali
Berita Terkait

0 Comments