Jelang Pilpres 2019 /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 20/12/2018 11:30 WIB

KPU Jabar Yakinkan Pemilih Terkait Kualitas Kotak Suara Kardus

Kotak suara kardus berbahan dupleks
Kotak suara kardus berbahan dupleks
BANDUNG, DAKTA.COM - Kotak suara masih menjadi buah bibir di masyarakat. Mereka masih mempertanyakan apakah kotak suara berbahan kardus kuat dan aman, apalagi di musim penghujan saat ini.
 
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat, Idham Kholik menyatakan bahwa kotak suara berbahan kardus dupleks dipastikan keamanan dan kekuatannya.
 
"Pembuatan kotak suara itu salah satunya adalah kedap air sehingga surat suara yang berada di dalam kotak suara aman," kata Idham ketika dihubungi Radio Dakta, Rabu (19/12).
 
Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa kotak suara dengan bahan dupleks ini bukan hal baru lagi sebenarnya, karena sudah digunakan sejak Pemilu 2014 untuk menutupi kekurangan kotak suara berbahan aluminium.
 
"Mengapa menggunakan kotak suara kardus?  Ya karena ini berkaitan dengan efisiensi anggaran dan ramah lingkungan. Apalagi ini bukan hal baru, pada tahun 2014 sudah digunakan untuk menutupi kekurangan kotak suara alumunium," terangnya.
 
Ia menegaskan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir adanya indikasi kecurangan dalam proses pemungutan dan perhitungan surat suara, karena dilaksanakan secara transparan.
 
"Proses pemungutan dan penghitungan ini disaksikan oleh berbagai pihak, tidak hanya panitia tetapi masyarakat umum juga dapat menyaksikan proses pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu 17 April 2019 secara transparan," jelasnya.
 
Selain itu menurut Idham, Jawa Barat merupakan wilayah dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) tertinggi dari 34 provinsi di Indonesia.
 
"Di provinsi Jawa Barat untuk Pemilu 2009 sebanyak 138.050 TPS. Insya Allah kami terima kotak suara dari KPU RI sangat cukup," ucapnya.
 
Ia mengakui, dari 27 kota/kabupaten di Jawa Barat, pihaknya sudah mendistribusikan kotak suara ke gudang masing-masing, sehingga dipastikan ketersediaan kotak suara aman.
**

 

Editor : Asiyah Afifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 216 Kali
Berita Terkait

0 Comments